• Home
  • Berita
  • Dear Elon Musk, Akses Twitter Kok Dibatasi Sih?

Dear Elon Musk, Akses Twitter Kok Dibatasi Sih?

Redaksi
Jul 02, 2023
Dear Elon Musk, Akses Twitter Kok Dibatasi Sih?
Jakarta -

Elon Musk kembali bikin gempar dengan membatasi jumlah kicauan yang bisa dibaca oleh penggunanya, terutama untuk pengguna baru dan pengguna gratisan.

Dalam postingannya, Musk menyebut pengguna tak terverifikasi (atau dengan kata lain, pengguna tak berbayar) hanya bisa membaca 600 kicauan perhari, yang kemudian ditambah menjadi 800 kicauan. Sementara pengguna baru tak terverifikasi hanya bisa membaca 300 kicauan (kemudian ditambah menjadi 400.

Sementara itu pengguna terverifikasi pun dibatasi, namun jumlah kicauan yang bisa diaca mencapai 6000 (ditambah menjadi 8000), demikian dikutip detikINET dari BBC, Minggu (2/7/2023).

Dalam kicauannya, Musk menyebut langkah ini diambil karena besarnya data yang diambil (scraping) dari Twitter, juga tingginya manipulasi sistem yang terjadi. Namun ia tak menjelaskan lebih lanjut maksud dari manipulasi sistem ini.

"Kami menemukan adanya pengambilan data yang sangat besar sampai menurunkan kualitas layanan untuk pengguna biasa," kata Musk, yang juga menyebut kalau ini hanyalah langkah sementara.

Dalam postingan lain, Musk juga menyebut ada ratusan organisasi atau lebih yang melakukan scraping data Twitter dengan sangat agresif.

Langkah ini pun langsung mengundang protes dari banyak netizen, karena banyak yang linimasanya tidak bisa diperbarui karena sudah melewati batas. Dan Musk pun menyindir keluhan para netizen tersebut.

"Terkena batasan karena membaca semua postingan soal pembatasan," tulisnya.

[Gambas:Twitter]



Langkah Musk ini pun langsung menjadi bahan perbincangan di kalangan netizen Indonesia. Bahkan langsung masuk trending topic "TWITTER KENAPA".

"TWITTER KENAPA SIH? bisa nge-tweet doang tapi gak bisa liat beranda, direfres tetep gak bisa Mulu. apa punyaku doang? kalian gimana ?," tulis seorang netizen.

"TWITTER KENAPA LAGI SIH," kata netizen lain.

Masih banyak lagi postingan senada yang mengeluhkan tidak bisa me-refresh timeline Twitternya.



Simak Video "Sempat Dikritik Elon Musk, Ini Penyebab WhatsApp Akses Mikrofon Tiba-tiba"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)
back to top