• Home
  • Berita
  • Xbox Series X/S Terjual 18,5 Juta Unit, Tapi Masih Kalah Sama PS5

Xbox Series X/S Terjual 18,5 Juta Unit, Tapi Masih Kalah Sama PS5

Redaksi
Mar 02, 2023
Xbox Series X/S Terjual 18,5 Juta Unit, Tapi Masih Kalah Sama PS5

Diam-diam berupaya menyalip pesaingnya, Microsoft telah menjual Xbox Series X/S lebih dari 10 juta unit. Tapi, ini ternyata masih kalah sama PS5 milik Sony.

Dilansir dari The Gamers, Kamis (2/3/2023) data ini diungkapkan oleh Piers Harding-Rolls dari Ampere Analysis. Dirinya memperkirakan bahwa 18,5 juta konsol generasi terbaru Xbox sudah mengudara ke gamer pada akhir tahun lalu.

Jumlah tersebut memang tak datang langsung dari Microsoft. Hal ini mengingat, mereka cenderung tak merilis angka penjualan, kecuali mencapai sesuatu hal yang begitu penting.

Sayangnya daya beli konsol ini akan sedikit tersendat alias sulit bertambah. Harding-Rolls mencatat bahwa sementara ini, penjualan Xbox Series X tertahan karena kekurangan stok yang tengah terjadi.

Namun bila mengacu pada saudaranya Xbox Series S, Microsoft mampu meningkatkan penjualannya. Diketahui kalau stok konsol tersebut lebih banyak tersedia dibandingkan Series X.

Nah beda lagi dengan konsol punya Sony, yang belakangan mengklaim jauh lebih mudah ditemukan. Berangkat dari penjelasan tersebut, Harding-Rolls memperkirakan bahwa kesenjangan penjualan antara PS5 dan Xbox Series X/S bakal meningkat pada paruh pertama tahun 2023.

Jika berkaca pada pengumuman awal Februari lalu, Sony sudah menjual 32,1 juta unit PS5 sejak peluncuran. Target mereka saat ini menjual 37 unit pada akhir tahun fiskal, yang berakhir pada Maret 2023.

Meskipun Xbox tertinggal oleh PlayStation, pertumbuhan Game Pass patut diperhitungkan. Ampere Analysis melaporkan, jumlah pelanggannya mencapai titik tertinggi sepanjang masa selama tiga bulan terakhir tahun 2022.

Microsoft bahkan mengklaim, bahwa raksasa video game ini memiliki 30% pangsa pasar global. Persentase itu mereka sandingkan dengan eksistensi PlayStation yang menguasai 70% pasar, tanpa memperhitungkan kehadiran Nintendo.

Padahal sebagian besar mata sekarang tertuju ke Nintendo Switch. Konsol genggam itu telah menunjukkan keperkasaannya, usai mengumumkan penjualannya yang melampaui PS4 dan Game Boy.

back to top