• Home
  • Berita
  • Tiba di Ukraina, Tank Challenger 2 Inggris Segera Lawan Rusia

Tiba di Ukraina, Tank Challenger 2 Inggris Segera Lawan Rusia

Redaksi
Mar 29, 2023
Tiba di Ukraina, Tank Challenger 2 Inggris Segera Lawan Rusia
Jakarta -

Beberapa tank modern buatan Barat telah sampai di Ukraina. Tahap pertama bantuan tank Challenger 2 dari Inggris sudah tiba, bersamaan dengan Leopard 2 bantuan dari Jerman.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengumumkan tank Challenger 2 itu akan segera memulai misi pertempurannya melawan Rusia. Inggris sendiri menjanjikan total akan ada 14 unit Challenger 2 yang diberikan pada Ukraina demi memperkuat militer mereka menghadapi Rusia.

Seperti dikutip detikINET dari Independent, Menhan Ukraina, Oleksii Reznikov, mengumumkan di Twitter tentang kedatangan Challenger 2. Dia pun berterima kasih pada PM Inggris Rishi Sunak dan Menhan Ben Wallace. "Mesin yang fantastis ini akan segera memulai misi pertempuran mereka," tulis Oleksii.

Sebelumnya, tentara Ukraina berada di Inggris untuk berlatih bagaimana menggunakan Challenger 2 dengan efektif. Adapun Rusia sudah mengkritik tindakan Inggris mengirim tank ke Ukraina itu dan sesumbar Challenger 2 akan terbakar di medan pertempuran.

Dikembangkan oleh Vickers Defense Systems, sekarang BAE Systems, tank Challenger 2 yang panjangnya 8,3 meter ini telah dikerahkan ke berbagai medan perang seperti di Bosnia, Kosovo dan Irak, dan dirancang untuk menghancurkan tank lain. Tentara Inggris mengklaimnya tidak pernah dihancurkan tangan musuh,

Bobotnya paling berat dibanding Leopard 2 Jerman dan M1 Abrams Amerika. Senapan senapan 120mm-nya dikatakan punya jarak tembak efektif setidaknya 3 km dengan peluru penembus lapis baja. Challenger juga diklaim pernah menembak tank ke tank terjauh dalam sejarah militer, menghancurkan kendaraan Irak sejauh 4.700 meter saat Perang Teluk pada 1991.

Challenger 2 mengutamakan daya tembak dan perlindungan yang disediakan oleh lapis baja Dorchester 2 dibandingkan dengan kecepatan, sehingga membuatnya sedikit lebih lambat, tapi diklaim tentara Inggris diimbangi dengan tembakan akurat dan mematikan.



Simak Video "Inggris Tumbangkan Ukraina, Saka Jadi Bintang Utama"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top