• Home
  • Berita
  • Jack Ma Balik ke China, Alibaba Dipecah Jadi Enam

Jack Ma Balik ke China, Alibaba Dipecah Jadi Enam

Redaksi
Mar 29, 2023
Jack Ma Balik ke China, Alibaba Dipecah Jadi Enam
Jakarta -

Setelah melanglangbuana di berbagai negara termasuk kawasan Eropa, Jepang, Thailand sampai Australia, Jack Ma kedapatan kembali ke Tanah Airnya yaitu China. Bersamaan dengan itu, raksasa e-commerce yang ia dirikan, Alibaba, dipecah menjadi enam unit bisnis terpisah.

Dikutip detikINET dari CNN, tiap unit bisnis baru Alibaba masing-masing akan diawasi oleh CEO dan dewan direksi sendiri. Lima dari grup bisnis baru itu juga akan punya fleksibilitas untuk mengumpulkan modal dari luar dan berpotensi menggelar IPO sendiri.

Restrukturisasi besar-besaran di salah satu perusahaan paling ikonik di China itu terjadi sehari setelah Ma terlihat berada di negara itu. Beijing kabarnya juga telah mengisyaratkan tekanan terhadap industri internet mungkin segera berakhir.

Jack Ma lenyap dari publik sejak pemerintah China mulai menekan sektor teknologi sekitar 2 tahun lalu. November 2020, Ant Group, afiliasi keuangan Alibaba yang didirikan Ma, membatalkan IPO USD 37 miliar di saat terakhir setelah pidato Ma mengkritik bank dan regulator keuangan China. Tahun berikutnya, Alibaba kena rekor denda dari regulator antimonopoli China.

Saham Alibaba pun mengalami penurunan tajam selama periode itu. Mereka kehilangan sekitar 75% dari nilai pasarnya dari puncaknya pada Oktober 2020. Kini, situasi bisnis tampaknya sudah lebih ramah di China.

Dengan perombakan tersebut, Alibaba tampaknya terinspirasi perusahaan teknologi Amerika seperti Google, yang direstrukturisasi jadi Alphabet. Tujuannya menurut Alibaba, adalah membangun perusahaan yang lebih gesit yang pada akhirnya punya lebih banyak nilai bagi investor.

"Transformasi ini akan memberdayakan semua bisnis kami untuk jadi lebih lincah, meningkatkan pengambilan keputusan, dan memungkinkan respons lebih cepat terhadap perubahan pasar," kata Daniel Zhang, CEO dan Chairman Alibaba Group.

Keenam unit bisnis yang baru dibentuk adalah Cloud Intelligence Group, Taobao Tmall Commerce Group, Local Services Group, Cainiao Smart Logistics, Global Digital Commerce Group, dan Digital Media and Entertainment Group.

Investor tampaknya menyambut baik kabar ini, di mana saham Alibaba yang terdaftar di AS terpantau naik lebih dari 10%.



Simak Video "Jack Ma Akhirnya Pulang Kampung ke China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top