• Home
  • Berita
  • Review Galaxy M54 5G: Main Game Lama, Jepretan Foto Luar Biasa

Review Galaxy M54 5G: Main Game Lama, Jepretan Foto Luar Biasa

Redaksi
Jan 23, 2024
Review Galaxy M54 5G: Main Game Lama, Jepretan Foto Luar Biasa
Jakarta -

Samsung Galaxy M54 5G unjuk gigi dengan layar Super AMOLED dan kamera 108 MP. Bisa dibilang ponsel ini menjadi Galaxy M Series terbaik yang pernah mereka rilis.

Kapasitas baterai yang besar pun menjadi nilai lebihnya. Sebab tidak hanya mengerti kebutuhan orang-orang ketika akan membuat konten dari kamera ciamik, tetapi juga memanjakan gamer yang ingin berlama-lama bermain game.

Memang berapa besar sih daya baterainya, dan apa lagi kehebatan smartphone ini? Untuk menjawab dua pertanyaan itu, silahkan simak review Galaxy M54 5G berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Review Galaxy M54 5G

Di sini ulasan akan dibagi ke dalam beberapa bahasan. Pertama dimulai dari desain, lalu layar, performa & fitur, kamera, baterai dan terakhir opini detikINET. Mari simak review Galaxy M54 5G di bawah ini.

1. Desain

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung menawarkan ponselnya ini dalam dua varian warna. Ada silver dan satu lagi kebetulan yang menyambangi detikINET ialah dark blue.

Kalau bicara soal desain, Galaxy M54 5G punya bentuk yang sedikit berbeda dari pendahulunya. Apalagi di bagian kamera belakangnya.

Susunan kamera HP ini setidaknya serupa dengan Galaxy S Series. Samsung menempatkan tiga kamera berbaris dari atas ke bawah, disertai tambahan lampu flash di sebelahnya.

Untuk bodi belakang dibuat polos. Lalu bagian pinggirnya agak melengkung, dengan frame berbentuk curve.

Kalau melihat sisi atasnya ada satu buah mikrofon. Sedangkan mikrofon satunya lagi ada di bawah, bersama dengan satu lubang type-C dan speaker.

Di sebelah kanan ada tombol volume dan power, yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner. Lanjut di kiri terdapat sim tray hybrid.

Di sini pengguna dapat menggunakan microSD, akan tetapi harus mengorbankan satu slot sim card. Jadi itu pilihan kalian, apakah ingin memakai dua kartu atau satu saja.

Bobotnya tergolong ringan, yakni sekitar 199 gram. Bahkan itu sangat ringan, mengingat baterainya yang begitu besar. Penasaran dengan kapasitasnya? Bisa langsung cek di pembahasan soal baterai.

Selanjutnya Galaxy M54 5G punya tinggi 164,9 mm, lebar 77,3 mm, dan tebal 8,4 mm. Jujur ini sangat nyaman saat digenggam. Apalagi perpaduan dengan bobotnya yang tidak berat sama sekali. Serius, beneran enteng banget.

2. Layar

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sekarang beralih ke layar. Ponsel terbaik di jajaran Galaxy M Series ini memiliki layar berukuran 6,7 inch. Resolusinya sebesar 2400 x 1800 pixel alias FHD+.

Untuk panelnya menggunakan Super AMOLED+, dengan refresh rate 120 Hz. Jadi kegiatan berselancar di media sosial, atau membaca buku secara daring bisa lebih nyaman.

Cuma kalau kalian ingin menghemat baterainya, Samsung memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memilih kemulusan gerak di layar. Orang-orang bisa mengaturnya di Tinggi (120 Hz) dan Standar (60 Hz).

Kalau penasaran gimana cara ubahnya, bisa langsung masuk ke Pengaturan. Selanjutnya pilih menu Tampilan, dan silahkan sesuaikan menurut selera masing-masing.

3. Fitur

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Serunya di sini tuh ada Gaming Hub. Mungkin sebagian orang tidak sadar, kalau fungsinya bisa membuat tampilan aplikasi di HP lebih teratur.

Misalnya nih ya, kalian termasuk gemar bermain game Android. Terus karena suka banyak genre, akhirnya berbagai macam judul pun diunduh.

Biasanya kan kalau game-nya banyak, orang-orang mengelompokkannya dalam satu folder. Tapi di sini filenya masih akan terlihat di layar utama.

Nah kalau mau menyembunyikannya bisa memberdayakan kecanggihan Gaming Hub. Jadi ketika download di Google Play, nantinya secara otomatis game akan masuk ke fitur ini, dan tidak akan tampil di layar utama.

Fitur lainnya yaitu Smart Panel. Penggunanya dapat mengunjungi aplikasi-aplikasi tertentu dengan cepat. Jadi tidak perlu menaruh banyak aplikasi di layar depan.

Cukup menempatkannya di Smart Panel. Dengan begitu tampilan HP menjadi lebih minimalis dan rapi.

Fitur yang tak kalah menarik adalah kemampuan Galaxy M54 5G yang bisa memotong gambar. Gimana nggak menarik, mengingat prosesnya sangat mudah dilakukan dan hasilnya pun cukup baik.

Cukup menekan objek foto yang ingin di crop. Setelah itu cukup simpan sebagai gambar dan selesai.

Halaman Berikutnya Hasil Jepretan Galaxy M54 5G yang Luar Biasa...

4. Kamera

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamera Galaxy M54 5G memiliki resolusi 108 MP, dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan VDIS. Selain itu juga dilengkapi kamera ultra-wide 8 MP dan makro 2 MP.

Lalu kamera depannya 32 MP. Daripada penasaran, mending langsung liat aja hasilnya di bawah ini.

Jepretan Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)
Jepretan Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)
Jepretan Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)
Jepretan Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)
Jepretan Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)
Jepretan Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

Halaman selanjutnya: Performa dan kesimpulan >>>

5. Performa

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

HP ini tuh paket lengkap banget. Soalnya juga bisa digunakan untuk bermain game dengan aman dan nyaman.

Tampilannya memang tidak mencerminkan sebagai ponsel gaming. Kendati begitu, kemampuannya bisa mengambil peran tersebut dengan sempurna.

Untuk membuktikan ketangguhannya, Galaxy M54 5G dicoba menjalankan beberapa game populer seperti Genshin Impact, Mobile Legends, dan Stumble Guys. Lantas gimana hasilnya?

Ketika memainkan Genshin Impact, detikINET mengetesnya di dua mode. Pertama jalan di settingan paling rendah, dan ternyata hasilnya tidak perlu ditanya lagi. Tentu ini pekerjaan yang mudah bagi Galaxy M54 5G.

Oleh sebab itu, pengujian langsung beralih ke settingan tertinggi dengan jalan di 60 fps. Performa pun cukup baik.

Memainkan Genshin Impact selama 30 menit tidak ada masalah. HP ini mampu berjalan stabil di 30-35 fps, dan terkadang malah sempat naik ke 40an fps.

Tapi ketika karakter utama masuk ke dalam pertarungan yang intens, terjadi penurunan fps. Dari angka yang sudah disebutkan tadi, turun ke 28 atau 29 fps. Cuma itu terjadi hanya beberapa detik, sampai akhirnya kembali stabil lagi.

Sekarang lanjut mengetesnya di game Mobile Legends. Di sini settingan grafisnya diatur ke Ultra dan Frame Rate Tinggi memilih yang Super.

Meski sudah masuk ke pengaturan paling tinggi, Galaxy M54 5G menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Performanya sangat stabil. Ponsel ini mampu bertahan di 80 sampai 85 fps, dan sesekali menyentuh 90 fps.

Pengujian terakhir memainkan Stumble Guys. Berbeda dengan kedua judul tadi, karena hasil yang diberikan Galaxy M54 5G di sini lebih tinggi, yakni berkisar antara 95 hingga 105 fps.

Setelah menyiksanya dengan memainkan ketiga judul tersebut secara beruntun, Galaxy M54 5G memancarkan hawa panas. Paling berasa di sekitar kamera belakang. Kendati demikian, panas yang dikeluarkan masih wajar dan tidak terlalu menyakiti tangan.

Sepertinya ini karena jeroan Galaxy M54 5G yang tak main-main. Dapur pacunya mengandalkan Exynos 1380, yang memiliki peningkatan kinerja CPU hingga 12% dan GPU hingga 18% lebih dari pendahulunya.

Lalu HP Samsung ini dibekali RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Tak luput One UI 5.1 berbasis Android 13 yang ada di dalam Galaxy M54 5G.

detikINET juga melakukan pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark. Berikut skor benchmark Galaxy M54 5G:

Uji Antutu (kiri), Geekbench 6 (tengah), dan PC Mark (kanan) Samsung Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

6. Baterai

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai Galaxy M54 5G besar banget lho. Kapasitasnya 6.000 mAh, yang dapat bertahan lama kalau cuma dipakai buat nonton video atau scroll media sosial doang.

Kurang lebih baterainya bisa bertahan selama 24 jam. Tapi bila dipakai untuk bermain game akan berkurang lebih cepat.

Ketika mencoba main Genshin Impact selama 30 menit, baterai berkurang sebanyak 10% saja. Jadi tergolong irit. Udah gitu pengisian baterai tidak terlalu lama.

Saat dayanya diisi dari 1-50%, kurang lebih memakan waktu hampir 40 menit. Sedangkan bila chargernya sampai 100% maka memakan waktu kurang lebih satu jam 40 menit.

Uji PC Mark Samsung Galaxy M54 5G. Foto: (Panji Saputro/detikINET)

7. Opini detikINET

Galaxy M54. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sekarang mari masuk kepada kesimpulan. Jadi kalau kalian memang mencari smartphone yang tidak hanya bisa digunakan untuk nonton film, chatting, foto, atau video, bisa pilih Galaxy M54 5G.

Sebab gaya kasualnya bisa diberdayakan untuk melahap game Android yang berat-berat. Ditambah ketahanan baterai yang cukup lama, mengingat kapasitasnya 6.000 mAh.

Jadi Galaxy M54 5G bisa memanjakan gamer. Selain itu juga dapat menikmati hasil jepretan foto dan rekam video yang luar biasa.

Apabila berniat ingin memboyong Samsung Galaxy M54 5G, setidaknya perlu menyiapkan uang senilai Rp 6.499.000. Dengan harga segitu, kalian bisa menikmati beragam keunggulannya.

(hps/fay)
back to top