• Home
  • Berita
  • iPhone 16 Pro dan Pro Max Dirumorkan Akan Punya Storage 2TB

iPhone 16 Pro dan Pro Max Dirumorkan Akan Punya Storage 2TB

Redaksi
Jan 23, 2024
iPhone 16 Pro dan Pro Max Dirumorkan Akan Punya Storage 2TB
Jakarta -

iPhone 16 series akan diluncurkan tahun ini, dan rumor tentang calon ponsel terbaru Apple ini terus berhembus. Salah satunya rumor yang mengklaim iPhone 16 Pro akan mendapatkan upgrade storage hingga 2TB.

Kabar ini datang dari akun agregator berita asal Korea Selatan 'yeux1122' dalam postingannya di blog Naver. Ia mengatakan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam pilihan memori internal 2TB.

Saat ini iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki varian storage tertinggi hingga 1TB. Jika rumor ini akurat, maka kapasitas penyimpanan di iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan didobel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam postingannya, yeux1122 mengklaim Apple akan menggunakan memori Quad-Level Cell (QLC) NAND untuk model dengan storage lebih besar. Memori ini akan menggantikan Triple-Level CELL (TLC) NAND yang digunakan iPhone saat ini.

Memori QLC NAND memiliki kepadatan lebih tinggi sehingga memungkinkan Apple memuat lebih banyak penyimpanan di area yang lebih kecil. Memori ini juga lebih terjangkau jika dibandingkan memori TLC, seperti dikutip dari MacRumors, Senin (22/1/2024).

Namun di sisi lain, memori QLC memiliki kecepatan membaca dan menulis yang lebih rendah. Tapi hal ini bisa diakali ketika membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi, misalnya dengan memperlakukan sel QLC sebagai sel TLC.

Ini bukan pertama kalinya yeux1122 memperkirakan iPhone akan mendapatkan upgrade storage hingga 2TB. Tahun lalu mereka juga menyebarkan rumor serupa tentang iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang tentu saja tidak menjadi kenyataan.

Tapi bukan tidak mungkin Apple akan memperkenalkan penyimpanan 2TB di iPhone 16 Pro series. Apalagi setelah merilis dukungan video ProRes yang ukurannya bisa mencapai 6GB untuk video 4k30fps.

Selain storage 2TB, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga kabarnya akan dilengkapi dengan tombol Capture untuk mengambil video. Menurut laporan The Information, tombol ini akan diperkenalkan untuk menjadikan kamera iPhone sebagai alternatif utama untuk mengambil video horizontal.

The Information mengatakan tombol Capture ini akan menggunakan desain mekanik seperti tombol tradisional, tapi dengan fitur ekstra kapasitas yang membuatnya responsif terhadap sentuhan dan tekanan. Pengguna akan bisa swipe ke kiri dan ke kanan untuk mengontrol zoom kamera atau menekan tombol untuk fokus ke subjek.



Simak Video "Layar iPhone 16 Pro Diisukan Lebih Besar agar Kalahkan Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)
back to top