• Home
  • Berita
  • Melawan Serangan Siber Pakai AI ala Senhasegura

Melawan Serangan Siber Pakai AI ala Senhasegura

Redaksi
Sep 01, 2024
Melawan Serangan Siber Pakai AI ala Senhasegura
Jakarta -

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, dengan lebih dari 202 juta pengguna aktif pada tahun 2023. Sayangnya, seiring dengan peningkatan penggunaan internet, risiko serangan siber juga meningkat secara signifikan.

Marcus Scharra, sebagai orang yang sudah berpengalaman di bidang Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI) selama lebih dari 20 tahun, Marcus saat ini menjadi Founder dan CEO Senhasegura. Sejak mendirikan Senhasegura pada tahun 2013, Marcus memimpin perusahaan ini dan menjadi salah satu key person di industri keamanan siber global.

"Kami percaya bahwa cyber security harus berada di garis depan strategi digital setiap organisasi. Dengan memanfaatkan Artificial Intelligence, kami dapat secara proaktif mendeteksi dan mencegah serangan sebelum terjadi kerusakan yang signifikan," kata Marcus, dalam keterangan yang diterima detikINET.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Senhasegura juga telah diakui sebagai salah satu pemimpin dalam Privileged Access Management (PAM) yang merupakan komponen krusial dalam melindungi infrastruktur Informasi Teknologi.

Inovasi Senhasegura secara efektif mencegah privilege attacks, menjadikannya solusi paling komprehensif untuk melindungi identitas manusia maupun mesin.

ADVERTISEMENT

Perusahaan akan mendapatkan solusi keamanan lengkap dengan menggunakan 360 Privilege Platform dari Senhasegura, yang meliputi privileged remote access, personal secret, endpoint protection, DevOps secret manager, multi-cloud protection, certificate lifecycle.

Dengan menggunakan teknologi PAM berbasis AI, perusahaan dapat memastikan bahwa hanya individu yang berwenang yang memiliki akses ke dalam sistem, serta melacak dan mengaudit setiap aktivitas untuk kepatuhan terhadap regulasi OJK.

Regulasi terbaru dari OJK, termasuk POJK No. 11/POJK.03/2022, menuntut lembaga keuangan untuk menerapkan manajemen risiko yang lebih ketat, termasuk dalam hal perlindungan data dan mitigasi risiko siber.

Kemudian, belakangan ini semua orang jadi akrab dengan Artificial Intelligence ketika banyak produk AI dikeluarkan sejak tahun lalu dan langsung jadi menarik perhatian banyak orang. Sejalan dengan tren, risiko serangan siber pun terus meningkat. Khususnya di industri yang memproses data sensitif seperti di perbankan, asuransi, dan sektor keuangan lainnya.

Di Indonesia, PT Optima Solusindo Informatika telah dipercaya sebagai distributor tunggal untuk produk-produk Senhasegura dengan track record yang selalu memberikan support dan after sales service kepada para customer. Optima berperan penting dalam mendistribusikan solusi keamanan ini ke berbagai sektor industri, terutama perbankan dan asuransi.

"Kolaborasi kami dengan Optima adalah langkah strategis untuk memperluas jangkauan teknologi kami di Indonesia. Dengan keahlian lokal yang mereka miliki, serta kemampuan untuk memberikan after sales service, kami yakin Optima dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan regulasi yang berlaku," ujar Marcus.



Temuan Terbaru Pemerintah Terkait Peretasan PDNS

Temuan Terbaru Pemerintah Terkait Peretasan PDNS


(asj/asj)
back to top