• Home
  • Berita
  • Ironis! Internet RI Ngebut Tapi Tetap Kalah di Asia Tenggara

Ironis! Internet RI Ngebut Tapi Tetap Kalah di Asia Tenggara

Redaksi
Mar 02, 2023
Ironis! Internet RI Ngebut Tapi Tetap Kalah di Asia Tenggara

Mengawali tahun 2023, kecepatan internet Indonesia sedang kencang-kencangnya. Namun ironinya, pertumbuhan tersebut tidak berbanding lurus posisi Indonesia yang masih jeblok di antara negara-negara Asia Tenggara.

Melalui laporan terbaru Speedtest Global Index, Ookla mengungkapkan ranking kecepatan internet mobile dan fixed broadband di seluruh dunia untuk bulan Januari 2023.

Berbicara internet mobile, Indonesia naik lima peringkat yang kini menempati urutan ke-105 dari 138 negara. Indonesia memiliki kecepatan internet mobile rata-rata 18,61 Mbps.

Tetapi jika dilihat dalam kacamata kawasan Asia Tenggara, Indonesia belum melepas predikat sebagai negara dengan internet paling lemot, karena masih di posisi buncit.

Sedangkan pada kategori internet fixed broadband, Indonesia pun masih bernasib tidak jauh berbeda. Sebab, Indonesia unggul dibandingkan dari Myanmar dan Kamboja, tetapi masih tertinggal dari tetangga lainnya.

Indonesia menempati posisi ke-119 dari 179 negara di seluruh dunia yang dilakukan survei oleh Ookla.

Secara keseluruhan, Speedtest Global Index Januari 2023 menunjukkan bahwa rata-rata kecepatan internet global untuk download di kategori mobile internet mencapai 37,98 Mbps, upload 9,75 Mbps, dan latensi 28 ms.

Untuk rata-rata kecepatan internet fixed broadband global untuk download menyentuh di angka 76,34 Mbps, kecepatan internet upload 33,36 Mbps, dan latensi 10 ms.

back to top