• Home
  • Berita
  • Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Baru Pakai Fitur Transfer Chat

Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Baru Pakai Fitur Transfer Chat

Redaksi
Jul 02, 2023
Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP Baru Pakai Fitur Transfer Chat
Jakarta -

WhatsApp baru saja merilis fitur baru yang memudahkan pengguna memindahkan chat ke HP baru. Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp tidak perlu lagi mengandalkan cloud untuk memindahkan chat.

Fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Lewat postingan videonya di Facebook, Zuckerberg menunjukkan proses pemindahan chat ke HP baru hanya dengan memindai kode QR.

"Data hanya dibagikan antara dua perangkat kalian, dan sepenuhnya dienkripsi selama proses transfer," kata WhatsApp dalam pengumumannya, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (2/7/2023).

Sebelumnya WhatsApp sudah memiliki fitur transfer chat, tapi prosesnya sedikit lebih rumit karena mengharuskan pengguna mencadangkan riwayat chatnya ke Google Drive atau iCloud, lalu mengunduh backup tersebut di HP baru.

Berkat fitur baru ini, transfer chat WhatsApp antara dua HP bisa dilakukan dengan lebih mudah karena hanya perlu memindai kode QR. Selain itu, pengguna tidak perlu khawatir jika ruang penyimpanan di Google Drive atau iCloud yang terhubung dengan WhatsApp terbatas.

WhatsApp mengatakan metode ini lebih aman ketimbang menggunakan solusi pihak ketiga karena data pengguna dilindungi enkripsi dan hanya dibagikan antara dua perangkat menggunakan jaringan lokal.

Tapi perlu dicatat bahwa fitur transfer chat ini hanya untuk sistem operasi yang sama, yaitu Android ke Android dan iOS ke iOS. Jika kalian ingin mentransfer chat antar sistem operasi yang berbeda, WhatsApp juga memiliki fitur transfer chat Android ke iOS dan iOS ke Android yang metodenya sedikit lebih rumit.

Cara memindahkan chat WhatsApp ke HP baru tanpa Google Drive atau iCloud mudah saja, yaitu:

  • Pastikan HP lama dan baru kalian sudah aktif dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama
  • Buka aplikasi WhatsApp di HP lama lalu masuk ke Setelan > Chat > Transfer chat
  • Tekan Mulai untuk memulai proses transfer chat lalu ikuti petunjuk yang ada di layar
  • Buka aplikasi WhatsApp di HP baru lalu daftarkan dengan nomor telepon yang sama
  • Masih di HP baru, ketuk tombol Lanjutkan lalu ikuti petunjuk di layar
  • Setelah itu aplikasi WhatsApp di HP baru akan menampilkan kode QR. Pindai kode QR itu menggunakan aplikasi WhatsApp di HP lama
  • Tunggu sampai proses memindahkan chat WhatsApp selesai. Setelah itu semua chat WhatsApp kalian bisa diakses di HP baru.


Simak Video "Pengguna WhatsApp Business Naik 4 Kali Lipat Sejak 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top