• Home
  • Berita
  • Cara Download Sertifikat Vaksin di SatuSehat Mobile

Cara Download Sertifikat Vaksin di SatuSehat Mobile

Redaksi
Mar 02, 2023
Cara Download Sertifikat Vaksin di SatuSehat Mobile

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah resmi mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile. Nah, meski PeduliLindungi sudah lenyap di HP, kalian masih bisa download sertifikat vaksin.

Sertifikat vaksin merupakan dokumen kesehatan pribadi yang dinilai sangat penting, baik untuk kebutuhan dokumen perjalanan ataupun lainnya. Sertifikat ini akan diberikan kepada orang-orang yang telah menerima vaksinasi COVID-19, baik dosis pertama, kedua, booster pertama, hingga booster kedua.

Jika sebelumnya sertifikat vaksin bisa didapatkan di PeduliLindungi. Namun berhubung aplikasi tersebut telah 'dimatikan' oleh Kemenkes, detikers masih bisa mendapatkan sertifikat vaksin di SatuSehat Mobile, karena sejumlah fitur-fitur yang ada di PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile, termasuk untuk download sertifikat vaksin.

Diberitakan sebelumnya, terhitung per 1 Maret 2023 aplikasi PeduliLindungi lenyap di HP dan berubah menjadi SatuSehat Mobile. Ada fitur apa saja di Satu Sehat Mobile?

Selain fitur-fitur yang ada sebelumnya di PeduliLindungi, seperti vaksinasi COVID-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama 'diari kesehatan' yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung. Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

"Dengan adanya fitur diari kesehatan tersebut, SatuSehat Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna, dan hal tersebut dapat diakses di mana saja dan kapan saja," kata Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji.

Dalam rencana pengembangannya, SatuSehat Mobile secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya yang datanya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SatuSehat Platform.

back to top