• Home
  • Berita
  • Jutaan Rumah Kosong di Jepang Diobral, Minat?

Jutaan Rumah Kosong di Jepang Diobral, Minat?

Redaksi
Mar 02, 2023
Jutaan Rumah Kosong di Jepang Diobral, Minat?

Pemerintah Jepang melaporkan, jumlah bayi lahir di 2022 turun ke rekor terendah selama tujuh tahun berturut-turut. Kini untuk pertama kali sejak pencatatan dimulai, angka kelahiran turun hingga di bawah 800 ribu. Tak pelak, jutaan rumah kosong diprediksi terus bertambah di sana.

Ya seperti diberitakan, tahun 2018, ada 62,4 juta rumah di Jepang. Lembaga Housing and Land Survey, mencatat ada 8,49 juta rumah yang kosong saat itu. Bahkan di Tokyo, satu dari 10 rumah tidak ada penghuninya.

Dikutip detikINET dari Gaijinpot, Kamis (2/3/2023) kondisinya akan makin parah. Menurut Nomura Research Institute, diestimasi sepertiga dari seluruh rumah di Negeri Sakura akan kosong di 2030. Tak hanya itu, pada 2040 diperkirakan ada 900 kota kecil tak lagi eksis karena warganya tidak ada.

Nah untuk mengatasinya, Pemerintah Jepang antara lain menjual rumah kosong itu sangat murah atau bahkan gratis. Malah tak menutup kemungkinan bisa dibeli oleh warga asing. Tentu saja ada berbagai macam persyaratan untuk membeli akiya, sebutan rumah kosong di Jepang.

"Secara realistis, rumah-rumah ini tidak 100% gratis. Mereka membutuhkan renovasi, investasi dan datang dengan syarat dan ketentuan yang ketat untuk membuat rumah layak huni," sebut GaijinPost.

"Jangan menganggap akiya sebagai jalur cepat untuk tinggal di Jepang. Membeli properti di Jepang, terbengkalai atau sebaliknya, tak memberi status kependudukan otomatis. Meski orang asing dapat membeli rumah ini, ada batasan yang harus diperhatikan. Misal, beberapa kontrak pembelian akiya mengharuskan pembeli tinggal permanen," tambah GaijinPost.

Sebagian dari rumah kosong itu juga tidak bisa langsung dibeli, melainkan disewakan. Baru jika sudah teruji dan memang akan ditinggali selamanya, akan dijual kepada penyewa itu.

Di Tokyo, terkadang ada persyaratan khusus untuk menyewa rumah kosong yang menguntungkan keluarga muda. Misalnya, sewa akan dikurangi 5.000 yen per anak. Syarat lain termasuk penyewa harus berusia di bawah 43 tahun dan memiliki anak yang masih muda.

Halaman 1 2 Selanjutnya jepang rumah kosong

back to top