• Home
  • Berita
  • Kalau iPhone SE 4 Pakai Desain iPhone 14, Menarik Nggak?

Kalau iPhone SE 4 Pakai Desain iPhone 14, Menarik Nggak?

Redaksi
Mar 02, 2023
Kalau iPhone SE 4 Pakai Desain iPhone 14, Menarik Nggak?

Setelah berbulan-bulan iPhone SE bakal disetop, kini muncul rumor kalau seri iPhone murah itu bakal tetap diproduksi. Hal yang paling menariknya adalah desainnya bakal mirip iPhone 14.

Sumber rumor ini adalah Ming Chi Kuo, analis kenamaan yang terkenal karena (biasanya) punya bocoran akurat soal Apple. Dalam kultwit-nya, Kuo menyebut Apple menghidupkan kembali seri iPhone SE setelah sempat disetop pada akhir 2022.

Kuo juga menyebut kalau iPhone SE 4 ini bisa dibilang adalah iPhone 14 versi 6,1 inch dengan sedikit modifikasi. Perubahan paling besarnya adalah penggunaan layar LCD, bukan OLED seperti iPhone 14. Tujuannya mungkin untuk membuat harga HP tersebut semurah mungkin.

Lalu iPhone SE 4 juga bakal jadi iPhone pertama yang menggunakan chip modem 5G buatan Apple, menggantikan modem Qualcomm yang dipakai di sejumlah iPhone sebelumnya. Namun 5G yang didukung di iPhone SE 4 juga adalah versi hemat karena tak mendukung mmWave.

Asumsi pemakaian chip modem 5G Apple ini berasal dari penurunan pesanan modem dari Apple ke Qualcomm, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Kamis (2/3/2023).

Dalam sejarahnya, iPhone SE memang selalu menggunakan desain iPhone yang lama. Misalnya, iPhone SE menggunakan desain iPhone 6S dan iPhone SE (2020) serta iPhone SE (2022) yang memakai desain iPhone 8.

Jika mengikuti urutan desain yang ditiru, semestinya iPhone SE 4 menggunakan desain iPhone X. Namun bisa saja Apple tak mengikuti urutan yang sama dan memilih desain iPhone 14, terutama jika mereka mengubah desain iPhone 15 menjadi benar-benar baru.

Beberapa seri iPhone SE menjadi iPhone yang cukup populer karena harganya yang jauh lebih murah namun punya jeroan yang setara dengan iPhone generasi terbaru. Hanya saja, desainnya memang terlihat jadul karena masih mempertahankan bezel yang tebal. Tidak seperti HP kekinian yang nyaris tak punya bezel.

back to top