• Home
  • Berita
  • Waduh! Ada Lubang Hitam Raksasa Menghadap Bumi

Waduh! Ada Lubang Hitam Raksasa Menghadap Bumi

Redaksi
Mar 28, 2023
Waduh! Ada Lubang Hitam Raksasa Menghadap Bumi
Jakarta -

Penelitian menemukan sebuah Black Hole atau Lubang Hitam raksasa di sebuah galaksi yang menghadap ke arah Bumi. Ukurannya jauh lebih besar melebihi Galaksi Bima Sakti.

Sebuah galaksi bernama PBC J2333.9-2343 diklasifikasikan ulang karena menghadap ke tata surya kita, dalam laporan Royal Astronomical Society.

Dilansir dari New York Post, Selasa (28/3/2023), Dr. Lorena Hernandez-Garcia sedang mempelajari tentang perilaku aneh dari galaksi tersebut. Hipotesa sementara, perubahan arah disebabkan pada pancaran relativistik dari lubang hitam supermasif itu.

"Kami harus banyak melakukan penelitian untuk memastikannya," ujar Dr Lorena.

Galaksi tersebut berjarak 657 juta tahun cahaya, dan diklasifikasikan sebagai galaksi radio. Namun, fenomena luar angkasa mengubah arah galaksi dan sedang menghadap ke arah Bumi saat ini.

Para peneliti di Royal Astronomical Society beranggapan jika panjang galaksi tersebut hampir 4 juta tahun cahaya atau hampir 40 kali ukuran Bima Sakti. Hingga saat ini, ilmuwan belum bisa memastikan apa yang menyebabkan perubahan arah tersebut.

Namun, beberapa orang menganggap PBC J2333.9-2343 yang bertabrakan dengan galaksi lain adalah penyebab perubahan arah terjadi.

"Belum jelas bagaimana galaksi kita akan terpengaruh lubang hitam itu," demikian pernyataan dari Royal Astronomical Society.

Lubang hitam ini bukan satu-satunya ancaman yang Bumi hadapi saat ini. Saat ini, ditemukan tiga asteroid dekat bumi (Near Earth Asteroids/NEA) di tata surya bagian dalam, yang menimbulkan risiko serius bagi Bumi.

*Artikel ini ditulis oleh Mahendra Lavidavayastama peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Ilmuwan Dapatkan Visual Lubang Hitam di Pusat Galaksi Bima Sakti"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
back to top