• Home
  • Berita
  • Tempat Nonton Film Indonesia dan Manfaat yang Bisa Ditimbulkan

Tempat Nonton Film Indonesia dan Manfaat yang Bisa Ditimbulkan

Redaksi
Mar 30, 2023
Tempat Nonton Film Indonesia dan Manfaat yang Bisa Ditimbulkan
Jakarta -

Nonton film adalah salah satu kegiatan seru yang bisa dipilih untuk menghabiskan waktu luang. Sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya kita juga nonton film Indonesia untuk mendukung kemajuan industri perfilman nasional.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, industri film Indonesia menunjukkan perkembangan yang positif. Terbukti dari banyaknya film-film asli Indonesia yang memiliki kualitas yang tidak kalah dengan film produksi luar negeri.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tuntas mengenai cara nonton film Indonesia dan dampak yang mungkin kamu timbulkan dari kegiatan ini. Untuk kamu yang ingin tahu informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Nonton Film Indonesia

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menonton film-film buatan dalam negeri. Berikut ini adalah beberapa cara nonton film Indonesia.

1. Bioskop

Cara pertama untuk bisa menikmati film-film buatan Indonesia adalah dengan mengunjungi bioskop. Kunjungilah bioskop favorit kamu dan membeli tiket untuk bisa menonton film yang sedang tayang di bioskop.

Layar yang lebih besar, suara yang lebih keras, dan suasana yang lebih gelap dan tenang membuat penonton lebih terlibat dalam film yang ditonton. Selain itu, bioskop biasanya juga menggunakan teknologi terbaru untuk menampilkan film sehingga kualitas gambar dan suara yang ditampilkan lebih baik dibandingkan menonton di rumah atau tempat-tempat lainnya.

Dengan menonton film Indonesia secara langsung, kamu akan mendapatkan pengalaman menonton film yang terbaik. Selain iu, ada beberapa kelebihan lain dengan menonton film secara langsung di bioskop, di antaranya:

  • Tidak terganggu oleh berbagai gangguan di luar bioskop, seperti suara berisik karena bioskop sudah dilengkapi dengan peredam suara.
  • Bisa menjadi sarana untuk menonton bersama dengan teman dan keluarga sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama-sama.

2. Situs Streaming Film Legal

Saat ini sudah banyak sekali situ streaming film legal yang bisa kamu akses untuk menikmati berbagai film nasional. Kamu perlu berlangganan untuk bisa menikmati berbagai film yang disediakan.

Ada berbagai situs streaming film legal yang bisa kamu jadikan pilihan, di antaranya:

  • Vidio
  • Klik Film
  • Bioskop Online
  • Netflix
  • Disney+ Hotstar
  • HBO GO
  • Amazon Prime Video
  • Viu
  • We TV

Menonton film melalui platform streaming online juga memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:

  • Fleksibilitas waktu dan tempat.
  • Tersedia banyak pilihan film.
  • Biaya langganan yang terjangkau.
  • Tersedia fitur tambahan seperti subtitle, pilihan bahasa, rewind, dan fitur fast forward.

Dua cara di atas merupakan cara legal untuk bisa mendukung kemajuan film nasional agar bisa berkembang dengan lebih baik lagi. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menonton film secara ilegal, maka industri perfilman lebih cepat untuk bisa berkembang dan menghasilkan film yang lebih berkualitas.

Ada juga beberapa situs yang bisa kamu akses secara gratis, tetapi bersifat ilegal. Untuk bisa mendukung kemajuan industri film nasional, sebaiknya kamu jangan menonton film dari platform yang ilegal karena akan menimbulkan kerugian bagi pihak yang membuat suatu film, termasuk aktor, sutradara, produser, dan berbagai pihak lainnya.

Manfaat Menonton Film Indonesia

Ketika kamu menonton film Indonesia dengan cara yang legal, maka bisa menimbulkan sejumlah manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat menonton film Indonesia.

1. Mendukung Kemajuan Industri Film Nasional

Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menonton film Indonesia bisa mendukung kemajuan industri film nasional. Ketika kamu menonton film secara legal, berarti kamu telah menghargai karya buatan para sineas lokal.

Ketika banyak orang bisa menghargai karya-karya film asli buatan Indonesia, maka secara perlahan industri perfilman akan bertumbuh ke arah yang positif. Ketika industrinya sudah semakin besar, maka akan bermunculan film-film yang memiliki kualitas yang tinggi.

2. Meningkatkan Apresiasi Seni

Apresiasi seni merupakan proses penilaian atau penghargaan terhadap sebuah karya seni yang dilakukan oleh penonton atau penikmat suatu karya seni. Apresiasi seni film merupakan kemampuan untuk memahami dan menikmati film sebagai suatu bentuk seni yang kompleks.

3. Memperkaya Pengetahuan

Film nasional Indonesia biasanya mengangkat cerita-cerita yang berasal kejadian nyata, kejadian sejarah Indonesia, atau kearifan lokal masyarakat Indonesia. Dengan menonton film Indonesia, kamu bisa memperkaya pengetahuan tentang budaya dan sejarah Indonesia.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara nonton film Indonesia dan manfaat yang bisa ditimbulkan. Mari kita sama-sama mendukung kemajuan industri perfilman Indonesia untuk terus bertumbuh dan berkembang.



Simak Video "5 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fay)
back to top