• Home
  • Berita
  • Sedih! Microsoft Matikan WordPad di Windows 11

Sedih! Microsoft Matikan WordPad di Windows 11

Redaksi
Sep 04, 2023
Sedih! Microsoft Matikan WordPad di Windows 11
Jakarta -

Microsoft memulai bulan September ini dengan memberikan kabar sedih. WordPad, tak hanya tidak diperbarui, aplikasi ini bakal sepenuhnya dilenyapkan dari Windows 11.

"WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada pembaruan Windows mendatang," tulis Microsoft di laman resminya pada Jumat lalu (1/9/2023).

Sebagai pengganti WordPad, Microsoft menganjurkan pengguna memakai Microsoft Word atau Notepad untuk pengolahan teks.

"Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt," saran Microsoft.

Untuk diketahui WordPad adalah aplikasi pengolah teks sederhana yang sering menjadi pilihan utama bagi pengguna Windows yang tidak menginstal Microsoft Word. WordPad pertama kali diperkenalkan sebagai penerus dari Microsoft Write, aplikasi pengolah teks sebelumnya yang ada sejak Windows 1.0.

Microsoft Write memiliki fitur yang sangat terbatas dan hanya mendukung format dokumen WRI. Microsoft Write digantikan oleh WordPad pada rilis Windows 95.

Dengan WordPad, pengguna dapat melakukan hal-hal seperti mengganti font, menebalkan atau memiringkan teks, membuat daftar berpoin, atau meratakan teks ke kiri, kanan, atau tengah halaman. WordPad bahkan mendukung penyisipan gambar dan memiliki fungsi menggambar sederhana.

WordPad mendukung format dokumen seperti RTF, DOC, ODT, dan TXT. Namun aplikasi tidak membawa banyak fitur lanjutan, misalnya pemeriksaan ejaan dan pembuatan tablet. Pengguna harus menggunakan Microsoft Word untuk fitur yang lebih lengkap.



Simak Video "KuTips: Tutorial Bikin Link Custom Broadcast WhatsApp dari Excel!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top