• Home
  • Berita
  • Saranjana, Legenda Kota Gaib di Kalimantan yang Selalu Viral

Saranjana, Legenda Kota Gaib di Kalimantan yang Selalu Viral

Redaksi
Jan 31, 2023
Saranjana, Legenda Kota Gaib di Kalimantan yang Selalu Viral

Sempat viral di media sosial soal Saranjana, kota gaib yang konon ada di Kalimantan Selatan. Katanya, di sana peradaban sudah sangat maju. Penduduknya diyakini memiliki perawakan yang cantik dan juga gagah. Sementara itu, kendaraan di sana dihiasi dengan banyak super cars.

Saranjana sebenarnya sudah lama menjadi misteri, namun penampakan diduga 'Kota Saranjana' di salah satu foto orang yang sedang berwisata di Kalimantan, membuat semuanya mulai kembali menoleh membahasnya. Meski ada yang mengatakan itu editan, tak sedikit yang meyakini Saranjana memang benar-benar ada.

Tak hanya itu, nama Saranjana juga pernah dicatat oleh Salomon Muller, seorang naturalis berkebangsaan Jerman dalam peta 'Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo' atau peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo. Tertulis di peta tahun 1845 ini, sebuah wilayah yang diberi nama 'Tandjoeng (hoek) Serandjana'.

Wilayahnya di mana? Disebutkan Serandjana terletak di sebelah selatan Pulau Laut, tepatnya berbatasan dengan wilayah Poeloe Kroempoetan dan Poeloe Kidjang.

Di media sosial, banyak content creator yang membahas soal Saranjana. Di TikTok misalnya, setiap video terkait Saranjana biasanya mendapatkan views hingga jutaan kali.

Kendati demikian, belum pernah ditemukan bukti yang kuat apakah kota gaib Saranjana benar-benar ada atau tidak. Meski demikian, orang lokal dan yang mengaku pernah berkunjung ke wilayah tersebut, merasa yakin bahwa Kota Saranjana adalah nyata adanya.

back to top