• Home
  • Berita
  • Samsung Mau Bikin Ponsel AI dengan Desain Radikal

Samsung Mau Bikin Ponsel AI dengan Desain Radikal

Redaksi
Jul 25, 2024
Samsung Mau Bikin Ponsel AI dengan Desain Radikal
Jakarta -

Samsung sudah meluncurkan Galaxy S24, Galaxy Z Fold 6, dan Galaxy Z Flip 6 yang dilengkapi Galaxy AI. Namun raksasa teknologi asal Korea Selatan itu masih belum puas dan ingin mengembangkan ponsel AI dengan perubahan desain yang radikal.

Rencana ini diungkap oleh President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics TM Roh. Dalam wawancara dengan Australian Financial Review, ia mengatakan ponsel ini akan memiliki desain yang jauh berbeda dibandingkan ponsel Galaxy saat ini.

"Jika Anda memikirkan pengguna smartphone pada umumnya, hardware kami dapat memenuhi kebutuhan itu dengan cukup baik. Jadi mungkin performa dan fitur hardware sudah mencapai puncaknya," kata Roh, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (25/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tapi di saat yang sama, era baru mobile AI saat ini memerlukan persyaratan hardware baru, performa baru, form factor baru, membuka peluang baru sehingga mobile AI bisa dimanfaatkan dengan lebih baik dengan persyaratan hardware baru," sambungnya.

Roh tidak menjelaskan secara spesifik form factor baru seperti apa yang diincar Samsung. Ia hanya mengatakan perangkat ini akan menggabungkan portabilitas dan layar besar.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, Roh mengatakan ponsel AI baru dari Samsung akan mengadopsi metode input baru seperti menggunakan sensor baru. Saat ini riset dan pengembangan Samsung MX difokuskan untuk ponsel AI ini.

Karena Roh mengatakan ponsel AI ini akan memiliki layar besar, Samsung kemungkinan tidak akan mengikuti jejak gadget AI seperti Rabbit R1 dan Humane AI. Kedua gadget memiliki ukuran mini dan mengutamakan kontrol dengan suara.

Samsung juga sudah mematenkan dan memamerkan konsep perangkat layar lipat dengan form factor yang berbeda dengan Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Salah satunya ponsel yang dilipat tiga menyerupai huruf 'Z'.

Desain ini memiliki dimensi yang lebih tebal saat dilipat jika dibandingkan foldable masa kini, tapi menawarkan layar yang lebih besar. Jadi sesuai dengan deskripsi Roh tentang perangkat yang memiliki layar besar dengan portabilitas tinggi.

Dalam wawancara yang sama, Roh juga mengatakan Samsung sedang menjajaki ponsel layar lipat dengan harga lebih murah yang banyak diminta oleh pasar. Ia mengatakan Samsung melakukan riset dan pengembangan dengan perusahaan mitra untuk menjajaki kemungkinan ini.



Counterpoint: Samsung Jadi Brand Smartphone Terlaris Dunia di Q2 2024

Counterpoint: Samsung Jadi Brand Smartphone Terlaris Dunia di Q2 2024


(vmp/afr)
back to top