• Home
  • Berita
  • Review Samsung Galaxy A04s: HP Harga Terjangkau yang Serba Bisa

Review Samsung Galaxy A04s: HP Harga Terjangkau yang Serba Bisa

Redaksi
Feb 27, 2023
Review Samsung Galaxy A04s: HP Harga Terjangkau yang Serba Bisa

arenagadget.id – Konsistensi Samsung untuk mengakomodasi kebutuhan segmen bawah patut diacungi jempol. Kali ini tim redaksi berkesempatan menguji unit review Samsung Galaxy A04s, seri entry level terbarunya.

Sebagai penerus Galaxy A03s, seri ini adalah jagoan terbaru Samsung buat melakukan penetrasi ke segmen yang membutuhkan perangkat murah dengan spesifikasi melimpah.

Samsung optimitis, seri ini akan bisa memenuhi demand terhadap perangkat terjangkau yang bisa memenuhi kebutuhan esensial harian. Penasaran, yuk simak review kami berikut.

Review Samsung Galaxy A04s

Samsung A04s ini hadir sebagai solusi lengkap kalangan yang membutuhkan smartphone serba guna di harga terjangkau. Seperti baterai besar layar lebar dan prosesor memadai.

Tak perlu berlama-lama lagi kami akan ulas secara mendalam spesifikasi, fitur penting, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04s untuk Anda. Diawali dengan unboxing paket penjualannya.

Jika bicara soal kardus, HP Samsung terbaru ini memang sengaja memangkas biaya produksi demi meringankan beban konsumen, supaya harga jual lebih murah. Tak heran, jika kardus atau box-nya hanya terbuat dari karton tipis.

Selanjutnya, dalam paket penjualan kita akan menemukan adaptor biasa, kabel USB Type-C, buku panduan cepat, kartu garansi dan SIM ejector. Sebagai tambahan, Samsung menyisipkan kartu perdana Telkomsel yang dibundling khusus untuk perangkat ini.

Rancangan Bodi & Layar

Bicara soal desain, konsep candybar yang diusung HP Samsung terbaru ini masih mengandalkan eksterior dengan sudut membulat. Tak ada elemen spesial sih yang membuatnya tampil berbeda. Intinya sih rancangan bodinya menganut standar smartphone entry level. 

Pada bagian belakangnya,  ada tiga buah sensor kamera yang ditanamkan pada unit review Samsung Galaxy A04s ini. Dirancang dalam jajaran vertikal di sisi kiri atas dengan lampu kilat di sebelahnya. Terlihat simpel menurut kami. 

Panel belakang ini dirancang dari material plastik polikarbonat dengan built quality cukup bagus. Dibungkus Menyuguhkan finishing glossy dengan aksen kasar atau pola timbul seperti sidik jari di permukaannya.

Oh ya, bodinya yang melengkung relatif nyaman saat dipegang, dengan permukaan kesat, sehingga grip kita jadi lebih kuat saat memegangnya.

Selanjutnya, Samsung Galaxy A04s dibenami tombol volume dan power di ruas kanan. Kemudian di bagian kiri ada SIM tray dengan tiga slot untuk 2 kartu SIM dan 1 microSD. Untuk ruas bawah, Samsung menyisipkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, lubang mic dan speaker.

Di sektor depan, Galaxy A04s menyuguhkan konsep Infinity V yang ditandai dengan notch berbentuk V pada bagian dahi. Pada area notch tersebut, Samsung menyematkan kamera selfie.

Lebih jauh, HP Samsung ini mengandalkan teknologi sentuh berbasis PLS LCD dengan bentang layar 6,5 inci. Sayangnya, Galaxy A04s hanya disuplai resolusi HD+. Tapi bisa dimaklumi sih mengingat seri ini membidik segmen entry level.

Tapi tenang, buat kalian penikmat game atau yang gemar menonton film, smartphone ini sudah mengadopsi refresh rate 90Hz. Scrolling konten lebih smooth dengan grafis yang enak saat dipakai buat streaming atau bermain game.

Hanya saja, bezelnya yang tebal sedikit mengganggu experience. Sebagai tambahan, kami mendapati jika tampilan layarnya agak sulit dilihat dan kurang optimal dalam kondisi di bawah terik matahari.

Performa dan Kamera

Unit review Samsung Galaxy A04s ini mempersembahkan antarmuka One UI Core 4.1 yang berjalan di atas platform Android 12. Ini adalah user interface untuk perangkat entry level Samsung. Fitur dan tampilannya lebih sederhana ketimbang UI seri menengah atas

Kostumisasi dibuat lebih efisien. Kami juga menemukan beberapa bloatware atau aplikasi bawaan Samsung  dan juga aplikasi pihak ketiga. Jumlahnya masih bisa ditoleransi dan tak membebani kinerja sih.

Bagian dapur pacunya dipersenjatai dengan chipset Exynos 850 yang memiliki prosesor octa core. Pada bagian pengolah grafisnya, Samsung menanamkan GPU Mali-G52. Kombinasi ini bisa diandalkan sih untuk sebuah smartphone entry level.

Galaxy A04s masih aman buat dipakai bermain game kasual dan menjalankan tugas-tugas ringan dan aktivitas multitasking. Browsing, multimedia, game standar bisa beroperasi dengan baik dan lancar.

Memasuki sektor kamera, HP ini mengantongi tiga sensor di bodi belakangnya. Mengusung kamera utama 50MP (wide) naik dari pendahulunya yang hanya 13MP. Lalu ada kamera makro 2MP, f/2.4 serta kamera depth 2 MP, f/2.4. Dan, kamera selfienya hadir dengan resolusi 5MP, f/2.2.

Kemudian soal rekam video, kamera perangkat ini mampu memproduksi konten dengan resolusi maksimal Full HD (1080p) pada 30fps. Cukup lumayan untuk perangkat entry level di kisaran sejutaan.

Hasil fotonya dalam kondisi outdoor dengan pencahayaan baik cukup bagus dan tajam. Tapi dalam kondisi low light memang harus kita maklumi soal noise dan penurunan piksel yang terjadi. Buat yang penasaran, berikut hasil kameranya:

Fitur Lain

Unit review Samsung Galaxy A04s ini membawa sensor sidik jari. Sebagai segmen harga sejutaan, ini adalah penawaran yang cukup menggiurkan. Performanya cukup baik. Ada juga fitur lain seperti facial recognition atau face unlock, PIN atau pola.

Satu catatan lain, HP ini sudah menyisipkan USB Type-C alias sudah lebih canggih ketimbang beberapa seri entry level kompetitor yang bertahan dengan port micro USB. Setidaknya kemampuan reversible port menjadikannya lebih awet.

Memori dan Baterai

Sebagai segmen bawah, HP Samsung ini memasangkan RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Boleh dibilang ruang penyimpanan ini masih relevan. Apalagi unit review ini tetap menyertakan slot microSD buat ekspansi storage yang lebih besar. 

Buat pengguna dengan mobilitas tinggi, Samsung Galaxy A04s sudah dibenami dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Daya tahan perangkat ini menurut kami cukup memuaskan bisa mencapai seharian lebih untuk pemakaian normal.

Tak hanya itu, perangkat ini juga mendukung fitur 15W Adaptive Fast Charging untuk pengisian daya lebih cepat. Ini menarik, karena pendahulunya hanya menyediakan pengecasan cepat 7,75W. Jadi hampir dua kali lipat lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Tapi ada sorotan di sisi pengecasan. Unit review Galaxy A03s yang kami uji didukung pengisian cepat 15W. Sayang, charger bawaannya hanya memiliki oputput 7,8W (5V, 1.55A). Pengecasan butuh waktu sekitar 1,5 jam lebih saat mengisi dari nol sampai penuh.

Harga Samsung Galaxy A04s

Harga Samsung A04s secara resmi masih ada di angka Rp 2.099.000. Harga tersebut sesuai dengan yang tercantum di website resmi Samsung Indonesia. Tersedia dalam beberapa pilihan warna yaitu warna yaitu Copper, Green dan Black.

Spesifikasi dan Harga HP Samsung A04s:

  • Layar: 6,5 inci 720 x 1600 pixel (HD+),PLS LCD; Refresh Rate 90 Hz
  • Chipset & OS: Prosesor Exynos 850 GPU Mali-G52 Android 12, One UI Core 4
  • Memori: RAM 4GB + ROM 64GB Extended RAM 4GB MicroSD sampai 1TB
  • Kamera utama: Triple camera 50MP, f/1.8, (wide); 2MP, f/2.4, (macro); 2MP, f/2.4, (depth) Perekaman video sampai 1080p@30fps
  • Kamera depan: Single camera 5MP, f/2.2, (wide) Perekaman video sampai 1080p@30fps
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Harga: Rp 2.099.000
back to top