• Home
  • Berita
  • Prosesor Intel yang Bermasalah Dapat Tambahan Garansi 2 Tahun

Prosesor Intel yang Bermasalah Dapat Tambahan Garansi 2 Tahun

Redaksi
Aug 02, 2024
Prosesor Intel yang Bermasalah Dapat Tambahan Garansi 2 Tahun
Jakarta -

Pengguna prosesor Intel Core generasi 13 dan 14 yang bermasalah bisa sedikit bernafas lega karena Intel memutuskan untuk menambah garansinya 2 tahun, menjadi total 5 tahun.

Mungkin Intel mau sedikit menenangkan pengguna prosesor Core generasi 13 dan 14 yang bermasalah dengan tambahan garansi ini. Sekalipun prosesor yang sudah terlanjur bermasalah sebenarnya tak bisa diperbaiki lagi.

"Intel berkomitmen untuk memastikan semua konsumen yang mempunyai atau sudah mengalami masalah ketidakstabilan di prosesor desktop generasi 13 dan 14 tetap mendapat dukungan untuk proses penukaran," tulis Thomas Hannaford, juru bicara Intel dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami tetap meyakini produk kami, dan dalam beberapa hari mendatang kami akan membagikan informasi lebih lanjut soal tambahan garansi 2 tahun untuk prosesor dekstop Intel Core generasi 13 dan 14" tambahnya.

Sebagai informasi, prosesor Intel versi boks mempunyai garansi selama 3 tahun, jadi dengan perubahan ini seharusnya prosesor yang bermasalah itu akan mendapat garansi 5 tahun.

ADVERTISEMENT

Dalam pernyataan sebelumnya, Intel bungkam soal tambahan garansi ataupun kemungkinan recall untuk prosesor bermasalah itu. Mereka hanya menyebutkan bahwa penyebab ketidakstabilan itu adalah voltase operasional yang meningkat.

Intel pun mengaku tengah menggarap patch untuk memperbaiki masalah tersebut dan diharapkan akan dirilis pada pertengahan Agustus. Hanya saja, patch ini tidak bisa memperbaiki prosesor yang sudah terlanjur bermasalah, alias prosesornya hanya bisa diganti.

Intel meyakini kalau patch tersebut nantinya akan memastikan crash tersebut tak akan terjadi. Namun jika crashnya sudah terjadi, opsi terbaiknya adalah mengganti CPU tersebut.

Mereka pun menyebut peningkatan voltase itu bukan satu-satunya penyebab sistem menjadi crash. Juru bicara Intel Thomas Hannaford memastikan itu adalah penyebab utama, namun manajer komunitas Intel Lex Hoyos mengungkap penyebab lain, yaitu masalah oksidasi saat perakitan CPU, yang juga menyebabkan ketidakstabilannya.



Langkah China Bikin Prosesor Canggih Setara Intel Gen 10

Langkah China Bikin Prosesor Canggih Setara Intel Gen 10


(asj/asj)
back to top