• Home
  • Berita
  • Pixel 7a, Pixel Fold dan Pixel Tablet Resmi Dirilis, Segini Harganya

Pixel 7a, Pixel Fold dan Pixel Tablet Resmi Dirilis, Segini Harganya

Redaksi
May 11, 2023
Pixel 7a, Pixel Fold dan Pixel Tablet Resmi Dirilis, Segini Harganya
Jakarta -

Setelah bocorannya menyeruak sejak beberapa bulan lalu, Pixel 7a, Pixel Fold dan Pixel Tablet akhirnya resmi dirilis. Ketiga perangkat tersebut diperkenalkan saat sesi keynote Google I/O 2023.

Pixel 7a menjadi penerus Pixel 6a yang dirilis tahun lalu. Sementara Pixel Fold adalah ponsel layar lipat pertama yang dibuat oleh Google.

Pixel Tablet memang bukan tablet pertama Google karena sebelumnya pernah membesut tablet Nexus. Namun perangkat tersebut adalah tablet pertama di seri Pixel.

Ada tiga kesamaan yang dimiliki ketiga gadget terbaru milik raksasa pencarian internet ini. Pixel 7a, Pixel Fold dan Pixel Tablet sama-sama disokong oleh prosesor Tensor G2 dengan chip keamanan Titan M2 yang dibuat sendiri oleh Google.

Pixel 7a

Pixel 7a menawarkan bentangan layar 6,1 inch menggunakan panel OLED yang terlindungi Gorilla Glass 3. Layar tersebut punya resolusi Full HD+ dengan refresh rate 90Hz.

Google Pixel 7a. Foto: Google

Dapur pacunya memadukan chip Tensor G2 dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB. Memori internalnya berjenis UFS 3.1 berkapasitas 128 GB.

Google menyematkan dua kamera di bagian belakang. Kamera utamanya berukuran 64 MP yang dilengkapi OIS dan menggunakan sensor yang lebih besar dari pendahulunya.

Selain itu ada kamera ultra-wide berukuran 13 MP dengan sudut pengambilan 120° dan dilengkapi autofokus Dual Pixel. Kamera depan juga ditingkatkan hingga 13MP (1,12µm) dengan lensa fixed-focus 95° (f/2.2).

Kamera belakang dapat merekam video 5K hingga 60fps, kamera depan unggul pada 4K pada 30fps.

Varian warna Google Pixel 7a. Foto: Google

Pixel 7a menyertakan baterai berkapasitas 4.385 mAh dengan pengisian cepat 18W dan dukungan wireless charging. HP anyar Google ini sudah mendukung 5G sub-6GHz dan mmWave, selain itu membawa sensor sidik jari di layar.

Kendati bodinya memadukan material plastik dan bingkai logam, Pixel 7a mengantongi sertifikasi IP67 untuk ketahanan debu serta air. Ada tiga varian warna yang disediakan, yakni Charcoal, Sea dan Snow.

Pixel Fold

Pixel Fold memiliki lipatan seperti Galaxy Z Fold yang dibuat Samsung. Namun HP layar lipat milik Google ini didesain lebih compact dan tipis.

Ukurannya 139,7 x 79,5 x 12,1 mm saat dilipat, dan 139,7 x 158,7 x 5,8 mm saat dibuka, dengan berat 283g. HP lipat ini memiliki peringkat IPX8 untuk ketahanan air.

Google Pixel Fold Foto: Google

Layar bagian luarnya pakai panel OLED berukuran 5,8 inch dengan resolusi 1080x2092, dan terlindungi kaca Gorilla Glass Victus. Layar ini menggunakan rasio 17,4:9, refresh rate 120 Hz, dukungan HDR dan kecerahan puncak 1.550 nits.

Sementara layar bagian dalam pakai panel OLED dengan diagonal 7,6 inch dan mengadopsi rasio 6:5. Adapun resolusinya 2208x1840, kecepatan refresh 120 Hz, kecerahan maksimum 1.450 nits dan terlindungi Ultra Thin Glass .

Pixel Fold memiliki engsel stainless steel yang kokoh dan dapat menahan keausan seperti goresan, sekaligus menjaga kilaunya.

HP layar lipat ini ditenagai oleh Tensor G2 SoC yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan penyimpanan UFS 3.1 256 atau 512 GB.

Google Pixel Fold Foto: Google


Pixel Fold punya memiliki kamera utama 48MP dengan OIS, dan dapat digunakan sebagai kamera selfie karena bisa memanfaatkan layar di bagian depan untuk menampilkan preview. Terdapat kamera ultra-wide 10,8MP dan kamera telefoto 10,8MP dengan 5x optical zoom. Google memberikan fitur fotografi Real Tone, Night Sight, dan Portrait bersama dengan mode pro-level dari Pixel 7 Pro, seperti video HDR 10-bit.

Pada layar luar terdapat kamera 9,5 MP, sedangkan layar bagian dalam mendapatkan kamera 8 MP. Sensor sidik jari disematkan di tombol daya, speaker stereo, dan baterai 4.821 mAh yang mendukung pengisi daya 30W.

Fitur translate di Google Pixel Fold Foto: Google

Dengan Android 14, Pixel Fold akan mendapatkan mode juru bahasa Layar Ganda yang ditenagai oleh Tensor G2 yang memungkinkan pengguna menggunakan layar dalam dan luar secara bersamaan untuk menerjemahkan percakapan langsung. Hadir dalam pilihan warna Porselen dan Obsidian.

Pixel Tablet

Pixel Tablet memiliki layar WQXGA 10,95 inch dan dilengkapi docking speaker pengisi daya yang menjanjikan peningkatan audio. Tablet ini memiliki quad speaker dan lapisan keramik nano.

Google Pixel Foto: Google

Saat dipasang ke docking, Pixel Tablet berfungsi sebagai Asisten bebas genggam atau bingkai foto. Pengguna dapat mengontrol semua perangkat rumah pintarnya menggunakan aplikasi Google Home yang didesain ulang di tablet ini.

Docking ini memiliki magnet sehingga mudah untuk memasang dan melepas Pixel Tablet. Google mengatakan telah mengoptimalkan 50+ aplikasi besutannya, dan telah bekerja dengan aplikasi pihak ketiga seperti Minecraft, Disney+, dan Spotify untuk mengoptimalkannya untuk tablet.

Didukung oleh Google Tensor G2, dan memiliki kamera depan dan belakang 8MP. Kamera depan memiliki mode potret dan secara otomatis menyesuaikan bingkai di aplikasi panggilan video seperti Google Meet. Tablet ini memiliki sensor sidik jari di bagian atas yang terpasang di tombol daya. Ini adalah tablet pertama dengan Chromecast bawaan, kata perusahaan itu.

Google Pixel Foto: Google

Harga Pixel 7a, Pixel Fold dan Pixel Tablet

  • Pixel 7a dibanderol seharga USD 499 atau kisaran Rp 7,3 juta
  • Pixel Fold dibanderol seharga USD 1.799 atau sekitar Rp 26,4 juta
  • Pixel Tablet yang disertai docking harganya USD 499 atau Rp 7,3 juta



Simak Video "Beredar Bocoran Desain HP Layar Lipat Google Pixel"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top