• Home
  • Berita
  • Pesawat NASA Ungkap Nasib Robot China yang Hilang Kontak di Mars

Pesawat NASA Ungkap Nasib Robot China yang Hilang Kontak di Mars

Redaksi
Feb 26, 2023
Pesawat NASA Ungkap Nasib Robot China yang Hilang Kontak di Mars

Hampir dua tahun setelah mendarat di Mars, rover Zhurong milik China masih belum diketahui nasibnya. Pesawat luar angkasa NASA yang ada di Mars memberi sedikit kejelasan tentang nasib rover tersebut.

University of Arizona, yang mengelola kamera HiRISE di wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA, baru saja mengunggah foto terbaru yang menunjukkan penampakan rover Zhurong dari langit. Foto tersebut diambil pada 7 Februari 2023 dari ketinggian 286 km.

Tiga foto yang disatukan itu diambil antara tahun 2022 dan 2023. Di foto pertama, rover Zhurong yang berwarna kebiruan terlihat berada di bagian atas sebuah kawah. Sedangkan foto kedua menunjukkan rover Zhurong berpindah posisi ke bagian bawah di dekat kawah.

Namun di foto ketiga rover Zhurong tidak berpindah posisi. University of Arizona menyimpulkan rover tersebut tidak bergerak antara 8 September 2022 dan 7 Februari 2023, seperti dikutip dari Space, Minggu (26/2/2023).

Zhurong pertama kali mendarat di Mars pada Mei 2021 sebagai bagian dari misi Tianwen-1. Rover ini memasuki masa hibernasi pada Mei 2022 untuk menghadapi musim dingin di Mars yang ekstrem.

Pusat kendali di China National Space Administration (CNSA) memperkirakan rover Zhurong akan bangun dari hibernasinya pada Desember 2022, menjelang musim semi di Mars. Namun CNSA masih belum memberikan update tentang kondisi Zhurong.

Pada Januari 2023, South China Morning Post melaporkan bahwa Zhurong masih hilang kontak dan belum berkomunikasi dengan pusat kendali di Bumi. Ada beberapa faktor yang membuat Zhurong sulit bangun kembali, termasuk panel surya yang tertutup debu dan suhu yang masih sangat dingin.

Namun kedua masalah ini hanya bisa diatasi mengikuti kondisi di Mars. Angin yang kencang seperti 'dust devil' atau badai bisa saja meniup debu dan kotoran yang menutupi panel surya, serta suhu di Mars bisa mulai menghangat.

Kalaupun Zhurong tidak bisa bangkit lagi, setidaknya rover ini sudah berhasil menjalankan misinya. Awalnya hanya ditargetkan beroperasi selama tiga bulan, rover Zhurong berhasil menyelesaikan misi selama satu tahun di Mars.

back to top