• Home
  • Berita
  • Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2010, 2013, 2016 Terbaru

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2010, 2013, 2016 Terbaru

Redaksi
Feb 26, 2023
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2010, 2013, 2016 Terbaru

Salah satu poin penting ketika membuat suatu karya ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi adalah daftar isi. Berikut adalah tips dan trik membuat daftar isi di Word 2010, 2013, dan 2016 secara otomatis, tanpa bersusah payah mengedit per halaman dan hanya butuh waktu 10 menit.

Pengertian dari daftar isi adalah sekumpulan daftar judul dan heading pada halaman yang diletakkan secara urut pada awal halaman setelah kata pengantar.

Daftar isi menjadi poin penting dalam suatu karya ilmiah karena hanya dengan melihat daftar isi kita dapat mengetahui halaman yang dituju. Daftar isi berfungsi agar pembaca memahami keseluruhan isi buku atau karya ilmiah secara singkat.

Untuk lebih memahami cara membuat daftar isi di word 2010, 2013, dan 2016, simak tips dan trik berikut:

Siapkan karya tulis maupun skripsi yang akan dibuat daftar isinya, kemudian siapkan saja yang nantinya akan menjadi subheading.

Subheading sendiri terdiri dari judul bab, dan sub judul.

Langkah pertama klik judul setiap bab yang ada, kemudian tandai semua bab mulai dari bab 1 hingga terakhir.

Setelah selesai membuat semua komponen daftar isi, selanjutnya membuat daftar isi di halaman yang diinginkan dengan mengklik Reference-> Table of Content. Jika sudah, maka daftar isi terbuat secara otomatis.

Cara membuat Daftar Isi pada Word 2013 secara otomatis yang pertama adalah dengan tentukan heading terlebih dahulu, terlebih ketika karya tulis tersebut memiliki banyak sub bab dan poin-poin. Berikut caranya:

Cara membuat Daftar Isi pada Word 2013 secara otomatis yang kedua adalah dengan menginput poin-poin ke dalam daftar isi. Berikut caranya:

Sebelum menyusun daftar isi yang akan terisi secara otomatis, hal yang perlu dilakukan adalah dengan menyusun bab dan sub bab dari karya ilmiah tersebut.

Jika semua bab dan sub bab sudah tuntas maka langkah selanjutnya adalah menyusun daftar isi yang dapat terisi otomatis pada Word 2016.

back to top