• Home
  • Berita
  • Percepat Transformasi Digital, Telkomsel Gaet Anak Usaha Amazon

Percepat Transformasi Digital, Telkomsel Gaet Anak Usaha Amazon

Redaksi
Oct 07, 2023
Percepat Transformasi Digital, Telkomsel Gaet Anak Usaha Amazon
Jakarta -

Telkomsel menggandeng anak usaha Amazon, yakni Amazon Web Services (AWS), sebagai penyedia layanan cloud untuk mempercepat strategi transformasi digital perusahaan.

Operator seluler ini memilih memilih AWS sebagai penyedia layanan cloud untuk meningkatkan fleksibilitas TI perusahaan, mendorong efisiensi operasional, dan mempercepat peluncuran layanan pelanggan baru yang inovatif.

"Dengan memanfaatkan teknologi cloud computing unggulan AWS, kami membuka semua peluang masa depan untuk perusahaan kami. Berkolaborasi dengan dengan AWS Asia Pasific Region, telah memastikan bahwa kami dilindungi berbagai langkah sistem keamanan yang andal dan membantu kami dalam kepatuhan terhadap regulasi di Indonesia," tutur Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan tertulisnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai bagian dari transformasi digitalnya, Telkomsel akan memigrasikan berbagai aplikasi TI ke AWS, termasuk kanal pelanggan di front end, Telkomsel Gaming Store Front, middleware, hingga machine learning.

Migrasi ini akan membantu Telkomsel meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan layanan baru kepada lebih dari 153 juta pelanggannya. Hal ini menjadi sangat penting mengingat Indonesia mencatatkan pertumbuhan pengguna smartphone tercepat di dunia.

Secara keseluruhan, Telkomsel menjalankan 15 aplikasinya di AWS, termasuk MyTelkomsel, DigiPos Aja!, Telkomsel Gaming Store Front, Enterprise Service Bus, dan beberapa platform data lainnya. Dengan menggunakan AWS, Telkomsel dapat meluncurkan infrastruktur baru dalam kurun waktu kurang dari satu jam, menghemat waktu hingga tujuh hari, serta meluncurkan aplikasi dan layanan digital baru hingga 40% lebih cepat.

Telkomsel memanfaatkan layanan AWS yang beragam dan memiliki kapabilitas mendalam, sekaligus menikmati ketersediaan tinggi dan latensi rendah di dari infrastruktur AWS Asia Pasific (Jakarta) Region.

Adapun Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital pertama di Indonesia yang menggunakan AWS Outposts, sebuah rangkaian solusi dikelola sepenuhnya yang menghadirkan infrastruktur dan layanan AWS ke lokasi on-premises dan edge untuk pengalaman hybrid yang seutuhnya.

Hal itu memungkinkan Telkomsel untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data di lokasi sambil tetap menggunakan layanan AWS. Selain itu, dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer data antara aplikasi Telkomsel dan cloud, sehingga membantu perusahaan untuk berinovasi lebih cepat bagi pelanggan.

Telkomsel juga menggunakan kemampuan cloud yang canggih termasuk AWS Lambda untuk eksekusi kode tanpa server (serverless), Amazon GuardDuty untuk perlindungan kontainer, Amazon ElastiCache untuk in-memory caching, serta Amazon Elastic Kubernetes Service dan dan Amazon Elastic Container Service untuk peluncuran kontainer.

Oleh karena itu, Telkomsel berencana untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pengalaman pelanggan lewat eksplorasi teknologi machine learning (ML) dan kecerdasan artifisial (AI) generatif yang dikembangkan AWS.

"Kami mempercepat transformasi digital, mendorong Telkomsel ke masa depan konektivitas, inovasi, dan pengalaman pelanggan terbaik. Kami berharap dapat terus memperdalam kolaborasi dan kemitraan strategis kami yang telah terbukti," pungkas Bharat Alva, Direktur IT Telkomsel.



Simak Video "Operator Seluler dan HP dengan Internet Terngebut di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)
back to top