• Home
  • Berita
  • Pengguna Keluhkan iPhone 15 Series Alami Overheating

Pengguna Keluhkan iPhone 15 Series Alami Overheating

Redaksi
Sep 26, 2023
Pengguna Keluhkan iPhone 15 Series Alami Overheating
Jakarta -

iPhone 15 series sudah tersedia sejak akhir pekan lalu dan penggunanya sudah menjajal ponsel terbaru Apple ini selama beberapa hari. Tapi banyak pengguna yang mengeluhkan masalah overheating dan throttling performa di iPhone 15 series.

Aamir Siddiqui dari Android Authority melaporkan ia memiliki iPhone 15 Pro Max yang menjalankan iOS 17.0.2. Ponsel ini sering mengalami overheat dalam dua skenario.

Pertama, saat di-charge menggunakan charger 65W USB PD GaN. Dengan charger ini, Siddiqui mengatakan iPhone 15 Pro Max miliknya jadi sangat panas bahkan tidak nyaman saat dipegang tanpa case. Kedua, saat iPhone 15 Pro Max itu digunakan dalam jangka waktu lama, terutama saat berpindah aplikasi dan nonton Reels di Instagram.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ponsel jadi panas di area di sebelah kanan, di bagian bawah modul kamera. Ini tanpa gaming, tanpa dicolok untuk mengisi daya, dan terhubung dengan Wi-Fi, jadi panas ini tidak dapat dijelaskan," kata Siddiqui, seperti dikutip dari Android Authority, Selasa (26/9/2023).

Ponsel yang baru diaktifkan biasanya mengalami overheat dalam 24 jam pertama karena semua aplikasi dan layanannya mengalami penyesuaian. Tapi Siddiqui mengatakan iPhone-nya masih mengalami overheat setelah melewati periode ini.

Siddiqui tidak sendiri, karena di media sosial Twitter/X ada banyak pengguna iPhone 15 yang mengalami hal yang sama. Keluhan mereka sama seperti Siddiqui, seperti perangkat yang cepat panas saat di-charge atau saat membuka aplikasi media sosial.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

YouTuber Korea Selatan BullsLab juga menguji seberapa panas iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro setelah menjalankan aplikasi benchmark menggunakan kamera thermal.

Hasilnya, bagian belakang iPhone 15 Plus mencapai suhu hingga 46,7 derajat Celsius, sedangkan iPhone 15 Pro Max mencapai 46,2 derajat dengan titik terpanas di bagian bawah kamera.

Selain masalah overheating, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga dilaporkan mengalami throttling atau pembatasan performa yang diakibatkan ponsel yang cepat panas.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada komponen internal ponsel, apalagi jika panasnya cukup tinggi. iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga tidak memiliki sistem pendingin yang membuat situasinya jadi makin rumit.



Simak Video "Upgrade iPhone 15 Series: Baterai Tahan Lama-Mobile Gaming Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)
back to top