• Home
  • Berita
  • Pembagian STB TV Digital Gratis 1,5 Juta Unit, Ribuan Gagal Diserahkan

Pembagian STB TV Digital Gratis 1,5 Juta Unit, Ribuan Gagal Diserahkan

Redaksi
Feb 06, 2023
Pembagian STB TV Digital Gratis 1,5 Juta Unit, Ribuan Gagal Diserahkan

Sudah tiga bulan berlalu sejak pelaksanaan peralihan siaran TV analog ke TV digital, tetapi distribusi bantuan set top box (STB) gratis masih belum menyeluruh ke seluruh Indonesia.

Persoalan itu masih menjadi pekerjaan rumah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama penyelenggara multipleksing (mux) dalam melakukan analog switch off (ASO).

Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, mengatakan realisasi distribusi set top box TV digital gratis nasional per 1 Februari 2023 yang bersumber dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) yang menjadi penyelenggara mux baru mencapai 6,5%. Sedangkan, bantuan yang berasal dari pemerintah yang dalam hal ini adalah Kominfo sudah 99,8%.

Secara keseluruhan total realisasi distribusi set top box TV digital gratis baru 27,1% atau setara 1.504.244 unit. Ada 4.053.622 unit lagi yang belum disalurkan kepada masyarakat, tepatnya untuk kelompok rumah tangga miskin ekstrem.

"Komitmen STB untuk rumah tangga miskin (RTM) berdasarkan data P3KE sekitar 5,6 juta STB. Dari penyelenggara mux sebesar 4,3 juta unit STB terdistribusikan baru 6,5% atau sekitar 280 ribu unit," ujar Gery kepada detikINET, Senin (6/2/2023).

"(Jumlah realisasi STB dari penyelenggara mux) sangat kecil sekali dibandingkan komitmen STB bantuan pemerintah yang sudah terdistribusi kepada RTM 99,8% atau sekitar lebih dari 1,2 juta STB," ucapnya menambahkan.

"Pemerintah sudah mengingatkan kepada penyelenggara mux agar mempercepat distribusi sekitar 4 juta unit STB kepada RTM agar ASO bisa selesai di seluruh Indonesia," tegasnya.

Sebagai informasi, suntik mati TV analog baru diterapkan baru dilakukan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Ada tiga wilayah siaran yang mencakup 18 kabupaten/kota akan dipadamkan siaran TV analog dan dialihkan ke TV digital per 20 Maret 2023.

Bali: - Kabupaten Jembrana - Kabupaten Tabanan - Kabupaten Badung - Kabupaten Badung - Kabupaten Klungkung - Kabupaten Bangli - Kabupaten Karangasem - Kabupaten Buleleng - Kota Denpasar

Kalimantan Selatan-1: - Kabupaten Tanah Laut - Kabupaten Banjar - Kabupaten Barito Kuala - Kota Banjarmasin - Kota Banjarbaru

Sumatera Selatan-1: - Kabupaten Ogan Komering Ilir - Kabupaten Banyuasin - Kabupaten Ogan Ilir - Kota Palembang

back to top