• Home
  • Berita
  • Ini Rahasia Samsung Galaxy S23 Dinginkan Chipset Khususnya

Ini Rahasia Samsung Galaxy S23 Dinginkan Chipset Khususnya

Redaksi
Feb 06, 2023
Ini Rahasia Samsung Galaxy S23 Dinginkan Chipset Khususnya

Semakin panas prosesor sebuah HP, maka semakin besar pula pendingin yang dibutuhkan untuk menjinakkannya.

Misalnya trio Samsung Galaxy S23 terbaru, semuanya menggunakan chipset khusus dari Qualcomm. Chip itu adalah Snapdragon 8 Gen 2 yang dimodifikasi khusus untuk HP flagship Samsung itu.

Modifikasi ini dinamai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Menariknya, modifikasinya bukan ditujukan untuk membuat chip tersebut lebih adem melainkan malah dibuat lebih kencang, yang tentunya akan membuat chip tersebut lebih panas.

Bedanya dibanding versi biasa, core utama chip tersebut kecepatannya ditingkatkan dari 3,2 GHz menjadi 3,36 GHz. Lalu kecepatan GPU-nya ditingkatkan dari 680 MHz menjadi 719 MHz.

Kecepatan yang lebih tinggi ini tentu akan menghasilkan panas yang juga lebih tinggi. Ditambah lagi, beberapa chip terakhir Qualcomm memang membutuhkan penanganan khusus dari pabrikan HP. Terutama untuk menjinakkan panasnya itu, yang biasanya dijinakkan dengan melakukan throttling atau menurunkan kecepatan chip saat sudah mencapai suhu tertentu.

Nah, Samsung punya pendekatan berbeda untuk menjinakkan panas Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Yaitu dengan memberikan vapor chamber yang ekstra besar di semua varian Galaxy S23. Berbeda dengan trio Galaxy S22, yang vapor chamber besarnya hanya ada di varian Ultra.

Sebagai informasi, vapor chamber adalah komponen yang berfungsi untuk memindahkan panas dari chip ke bagian lain HP yang lebih dingin. Semakin besar luas vapor chamber, semakin besar dan cepat juga panas yang bisa dibuang.

Dari animasi yang diposting oleh Ice Universe di Twitter, terlihat perbedaan ukuran pendingin Galaxy S22, yang hanya memakai lapisan graphite untuk pendingin, menjadi vapor chamber berukuran besar di Galaxy S23.

Galaxy S22, seperti dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (6/2/2023) tidak bisa mempertahankan performa kencangnya dalam waktu lama. Ini karena sistem pendinginnya tidak cukup besar, sehingga sistem harus menurunkan kecepatannya, atau throttling.

Harapannya adalah di Galaxy S23 hal itu tidak terjadi lagi, karena sudah menggunakan vapor chamber yang kemampuannya lebih tinggi dibanding graphite pad.

back to top