• Home
  • Berita
  • Pegawai Komisi Eropa Dilarang Install TikTok

Pegawai Komisi Eropa Dilarang Install TikTok

Redaksi
Feb 27, 2023
Pegawai Komisi Eropa Dilarang Install TikTok

Komisi Eropa di Uni Eropa melarang TikTok di-install di perangkat yang digunakan untuk bekerja, karena kekhawatiran tentang keamanan cyber. Langkah Komisi Eropa ini dikritik tajam oleh ByteDance selaku pemilik aplikasi tersebut.

"Langkah ini bertujuan untuk melindungi dari ancaman dan tindakan terkait keamanan cyber yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan serangan terhadap lingkungan korporat Komisi Eropa. Pengembangan keamanan platform media sosial lainnya juga akan terus ditinjau," ujar Komisi Eropa dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN dilansir Senin (27/2/2023).

Menurut laporan dari BBC, sekitar 32 ribu pekerja kontrak dan tetap di Komisi Eropa, diminta untuk sesegera mungkin menghapus aplikasi TikTok dari perangkat mereka, paling lambat 15 Maret 2023.

Jika tidak mematuhi aturan itu, pegawai Komisi Eropa yang bersangkutan bakal kehilangan akses ke aplikasi perusahaan, termasuk layanan email Komisi Eropa dan Skype for Business.

Menanggapi hal ini, TikTok mengatakan keputusan Komisi Eropa adalah sesuatu yang salah arah dan berdasarkan miskonsepsi yang mendasar.

Juru bicara TikTok juga mengaku kaget pihaknya tidak dihubungi oleh Komisi Eropa secara langsung atau memberikan penjelasan.

"Kami telah meminta pertemuan untuk meluruskan bagaimana kami melindungi data 125 juta orang di seluruh Komisi Eropa yang mengakses TikTok setiap bulan," sebut mereka.

back to top