• Home
  • Berita
  • Pabrik iPhone di India Kebakaran, Produksi Disetop

Pabrik iPhone di India Kebakaran, Produksi Disetop

Redaksi
Sep 26, 2023
Pabrik iPhone di India Kebakaran, Produksi Disetop
Jakarta -

Pegatron menyetop sementara produksi iPhone di pabriknya yang berlokasi di Selatan India setelah terjadi kebakaran pada Minggu (24/9) lalu.

Mitra produksi Apple tersebut meminta para buruh pabriknya untuk tidak masuk kerja pada hari Selasa (26/9) setelah insiden tersebut. Namun pihak Pegatron tidak mengatakan alasan untuk meliburkan para buruhnya itu.

Sejak Senin (25/9), perusahaan asal Taiwan itu juga sudah menyetop operasional pabriknya yang berlokasi dekat kota Chennai di Tamil Nadu tersebut, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (26/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pegatron sebelumnya menyebut ada insiden percikan api di pabrik tersebut, namun situasinya sudah bisa dikendalikan. Mereka pun meyakini kalau insiden tersebut "tidak berdampak signifikan secara operasional dan finansial".

"Tidak ada korban luka maupun jiwa, ataupun kerusakan pada aset lain. Penyebab kecelakaan sedang diinvestigasi oleh pihak berwenang," kata Pegatron dalam pernyataannya.

Namun pernyataan Pegatron ini berbeda dengan pernyataan dari petugas pemadam kebakaran lokal yang menyebut mereka mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakaran untuk menangani kebakaran di pabrik tersebut, dan proses pemadamannya membutuhkan waktu hampir lima jam.

Sebuah media lokal melaporkan kalau pada Senin dini hari asap hitam mengepul di area sekitar pabrik. Lalu ada juga video yang menunjukkan petugas keamanan berusaha menghalau kerumunan orang di dekat pintu masuk fasilitas tersebut.

Fasilitas pabrik di dekat kota Chennai itu punya kapasitas produksi iPhone sebanyak 26 ribu unit setiap harinya. Namun beberapa bulan belakangan ini, kapasitas produksi yang terpakai hanya 8000 sampai 12 ribu unit iPhone setiap harinya.

Berdasarkan data Counterpoint, Pegatron saat ini memproduksi 10% dari total produksi iPhone di India. Mereka juga mengestimasi Apple menjual 9 juta iPhone di India untuk tahun 2023 ini.

Pegatron mulai memproduksi iPhone di India sejak September 2023 lalu. Mereka pun tengah menjajaki pembuatan pabrik keduanya di India di lokasi dekat pabrik yang pertama.



Simak Video "Resmi Dirilis! Ini Spesifikasi dan Harga iPhone 15 Series"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)
back to top