• Home
  • Berita
  • Nikon ZF, Mirrorless Full Frame dengan Bodi Mirip FM2

Nikon ZF, Mirrorless Full Frame dengan Bodi Mirip FM2

Redaksi
Sep 23, 2023
Nikon ZF, Mirrorless Full Frame dengan Bodi Mirip FM2
Jakarta -

Nikon menambah portfolio kamera mirrorlessnya dengan merilis ZF, mirrorless full frame yang punya bodi retro.

Tampilan bodinya ini sekilas mirip FM2, kamera film ikonik Nikon keluaran tahun 1980an. Nikon ZF punya berbagai tombol fisik yang membuat tampilannya semakin retro, meski sebenarnya jeroannya sangat kekinian.

Sensor full framenya punya resolusi 24,5MP, 299 titik tracking autofocus dengan deteksi subjek, in body image stabilization, dan dua slot kartu memori. Jadi, meski punya bodi mirip FM2, spesifikasinya ini hampir mirip dengan Nikon Z8 dan Z9, termasuk pemakaian prosesor gambar Expeed 7.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

In body stabilization yang dipakai di ZF diklaim bisa mengkoreksi getaran hingga delapan stop. Kamera ini juga dilengkapi 3D tracking autofokus, perekaman video 4K 10-bit H.265 hingga 60 fps cropped, atau 30 fps full, dan layar belakang 3,2 inch.

Namun bedanya Zf dengan Z8 dan Z9 yang modern adalah keberadaan shutter mekanik, yang memberikan suara khas shutter. Sementara Z8 dan Z9 hanya mempunyai shutter elektronik.

Bodi Zf berbahan magnesium alloy, yang relatif mungil namun cukup berbobot (710 gram). Nikon menjanjikan bodinya ini punya ketahanan debu dan tetesan air. Slot memorinya cukup unik, karena disediakan dua namun salah satunya adalah microSD -- yang tak lazim dipakai di kamera mirrorless.

Rentang ISO-nya dari 100 sampai 64.000, mendukung burst hingga 11fps dalam mode RAW (14 fps dengan JPEG) jika menggunakan shutter elektronik.

Nikon Zf mulai dijual pada Oktober 2023 mendatang dengan harga body only USD 2.000, atau USD 2.240 untuk bundling dengan Nikkor Z40 f/2.0 SE. Pilihan warnanya juga banyak, seperti Indigo Blue, Sepia Brown, Bordeaux Red, Sunset Orange, Moss Green, dan StoneGray. Hanya saja, selain warna hitam, harga bodi Nikon Zf ini sedikit lebih mahal, yaitu USD 2.100.



Simak Video "Mengenal LG StandbyMe Go, Smart TV yang Bisa Dibawa Kemanapun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)
back to top