• Home
  • Berita
  • Viral Jangan Pakai Toilet Umum Jika Ada Tanda Merah di Tisu

Viral Jangan Pakai Toilet Umum Jika Ada Tanda Merah di Tisu

Redaksi
Sep 23, 2023
Viral Jangan Pakai Toilet Umum Jika Ada Tanda Merah di Tisu
New York -

Belum lama ini, viral sebuah video TikTok, yang menjelaskan soal tisu toilet umum ada bercak darahnya. Menurut Dane Jones, Sang Pemilik akun, bilang kalau itu bekas orang yang membersihkan jarum suntik mereka dari narkoba.

Bila melihat videonya, bintik-bintik kecil itu tercipta dari gesekan panjang dan tipis di samping gulungan tisu. Jadi tidak hanya meninggalkan noda, melainkan juga membuat tisu menjadi rusak karena beberapa bagiannya sobek.

"Itu dari seseorang yang membersihkan jarumnya, tepatnya jarum kotor. Kami tidak tahu apakah ini adalah satu orang atau beberapa orang yang membersihkan jarum suntik mereka dari narkoba," kata Jones, sebagaimana pantauan detikINET dari akun TikTok resminya, Sabtu (23/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dirinya menyarankan supaya orang-orang menghindarinya, dan minta staf di tempat itu untuk menggantinya dengan yang baru. Jones menyampaikan, menggunakan tisu tersebut membuat orang berpotensi terjangkit penyakit berbahaya. Peringatan ini tentu lebih ditujukan pada pengguna toilet di negara barat yang memakai tisu.

"Jika Anda menggunakan tisu toilet ini untuk membersihkan diri, yang diperlukan hanyalah setetes darah untuk masuk ke sistem tubuh Anda. Anda dapat dengan mudah tertular virus seumur hidup seperti HIV/AIDS, Hepatitis C, dan Hepatitis B," kata Jones dalam keterangannya di video.

Kendati begitu dirinya menegaskan, kemungkinan tertular HIV sangat kecil. Hanya saja peluang terkena Hepatitis B bisa lebih tinggi.

Menurut pakar penyakit menular di The Body, meskipun menyentuh tisu yang terdapat darah, orang-orang tidak berisiko tertular HIV. Katanya perlu adanya penetrasi langsung dari darah ke dalam tubuh.

"Untuk Hepatitis C, infeksi bisa terjadi dari darah kering TETAPI ia masih memerlukan cara untuk masuk ke dalam tubuh Anda, yang tidak akan terjadi hanya dengan menyentuhnya," jelasnya.

@dane_jones Share this with family friends it could safe their life! ????#fypシ #greenscreen ♬ Suspense, horror, piano and music box - takaya

Nah video berdurasi kurang lebih satu menit itu pun sontak langsung viral. Hingga berita ini dibuat, Jones sudah memperoleh 7,1 juta views sejak mengunggahnya tujuh hari lalu.

Konten TikTok tersebut juga telah mendapatkan 593,4 ribu likes, 5.923 komentar, 68,2 ribu save, dan 38,8 ribu kali dibagikan oleh orang-orang. Dilihat dari komentarnya, ada beberapa warganet asal Indonesia yang memberikan tanggapan.

Salah satunya dari eyiiooo, yang merasa takut dengan kejadian tersebut dan mulai dari sekarang memilih untuk membawa tisu sendiri. Ada juga dari Azmil, yang bersyukur karena membersihkan diri menggunakan air alih-alih pakai tisu toilet.

Jones tidak membeberkan di mana lokasi toilet umum yang dimaksud. Namun bila melihat tempat lahirnya, sepertinya itu terjadi di Amerika Serikat.

Seperti yang diketahui bahwa salah satu kota di sana, yakni New York, tengah mengalami krisis penyalahgunaan narkoba. Jika datang ke blok Midtown Manhattan di jalan West 37th, akan terlihat pemandangan para pecandu sempoyongan akibat pemakaian jarum suntik narkoba.



Simak Video " TikTok Rambah Layanan Music Streaming, Segini Tarif Langganannya"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)
back to top