• Home
  • Berita
  • Kominfo Sebut X Basmi Bot yang Bikin Keyword Mahfud Hilang di Pencarian

Kominfo Sebut X Basmi Bot yang Bikin Keyword Mahfud Hilang di Pencarian

Redaksi
Jan 26, 2024
Kominfo Sebut X Basmi Bot yang Bikin Keyword Mahfud Hilang di Pencarian
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bahwa media sosial X -sebelumnya Twitter- sudah membasmi akun bot yang bikin keyword 'Mahfud' hilang di kolom pencarian platform milik Elon Musk tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan setelah mengetahui ada laporan tersebut, Kominfo langsung menghubungi X.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

X mengungkapkan ada akun bot yang memposting dengan keyword 'Mahfud'. Namun isi dari postingan itu tidak berkaitan dengan isinya, ini yang berdampak hilangnya keyword 'Mahfud' di kolom pencarian.

Berdasarkan informasi yang disampaikan X ke Kominfo bahwa keyword 'Mahfud' tidak selamanya hilang. Melainkan yang tidak tampak itu kolom pencarian terakhir atau terbaru (the latest).

"Semalam itu ketika dicari kata-kata Mahfud itu di kategori the latest itu nggak muncul. Itu dari tadi malam. Nah, saya tadi pagi baru dapat beritanya. Saya sudah kontak ke X dan X beritahu itu kata kunci Mahfud itu ada yang menggerakan (pakai akun) bot," ujar Semuel kepada awak media di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

X mengklaim kepada Kominfo bahwa keyword 'Mahfud' sudah bisa ditemukan lagi oleh pengguna platform. Hal itu bisa dilakukan setelah dibasminya akun bot.

"X beritahu itu kata kunci Mahfud itu ada yang menggerakkan bot, tapi sekarang sudah dibersihkan, ya itu ada spaming lah. Spaming dan terus udah dibersihkan dan per tadi hampir jam sembilan lah sudah recover, itunya apanya saya nggak tahu," jelasnya.



Simak Video "Pengamat Nilai Capres Pakai Sosmed untuk Kampanye Agar Dianggap Paham Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)
back to top