• Home
  • Berita
  • Jurus Baru NASA Selamatkan Astronaut yang Terjebak di Antariksa

Jurus Baru NASA Selamatkan Astronaut yang Terjebak di Antariksa

Redaksi
Sep 03, 2024
Jurus Baru NASA Selamatkan Astronaut yang Terjebak di Antariksa
Jakarta -

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memiliki rencana baru dalam menyelamatkan dua astronaut yang terjebak di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Misi SpaceX Crew-9 yang semula akan menerbangkan empat orang, kini dipangkas hanya dua orang penumpang. Cara ini untuk menjemput astronaut NASA Butch Wilmore dan Suni Williams yang tidak dapat pulang ke Bumi dengan Boeing Starliner.

Williams dan Wilmore terbang ke ISS menggunakan kapsul Starliner, sebagai bagian dari uji coba berawak pertamanya. Boeing meluncurkan kapsul ini pada 5 Juni kemarin, dan dalam 24 jam setelahnya kapsul ini mengalami banyak masalah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam fase terakhir saat mendekati ISS, lima dari 28 mesin pendorong Starliner tiba-tiba mati, dan kapsul ini juga mengalami kebocoran helium. Sejak saat itu, NASA dan Boeing sudah melakukan sejumlah analisis, termasuk mengetes mesin replika di Bumi untuk mengetahui penyebab masalah.

Alhasil, keduanya masih harus tinggal di ISS sampai Februari 2025. Kemungkinan yang paling dekat mereka baru bisa mudik itu menggunakan kapsul Crew Dragon milik SpaceX sebagai bagian dari Crew-9 yang target peluncuran Crew-9 ini pada 24 September mendatang.

ADVERTISEMENT

Empat penumpang misi Crew-9 dari empat dipangkas menjadi orang dengan anggota yang terbang ke ruang hampa, seperti dikutip dari Space, Senin (2/9/2024), yaitu Komandan Angkatan Luar Angkasa AS Nick Hague, serta Roscosmos dan spesialis misi Aleksandr Gorbunov ke ISS.

Sedangkan, dua astronaut yang tidak jadi berangkat, yakni Zena Cardman dan spesialis misi Stephanie Wilson nanti akan ditugaskan kembali pada misi mendatang.

Hanya saja, tantangan misi membawa pulang dua astronaut NASA itu ada batu sandungan lainnya. Roket Falcon 9 SpaceX yang ditugaskan untuk meluncurkan Crew Dragon dihentikan sementara setelah hilangnya varian Falcon 9 lain yang meluncurkan misi satelit SpaceX Starlink pada hari Rabu (28 Agustus). Federal Aviation Administration (FAA) sedang melakukan penyelidikan, begitu pula dengan NASA dan SpaceX.



NASA Masih Cari Titik Terang untuk Bawa Astronautnya Pulang ke Bumi

NASA Masih Cari Titik Terang untuk Bawa Astronautnya Pulang ke Bumi


(agt/fay)
back to top