• Home
  • Berita
  • iPhone 15 Bakal Punya USB-C, Tapi Tak Bisa Pakai Kabel Sembarangan

iPhone 15 Bakal Punya USB-C, Tapi Tak Bisa Pakai Kabel Sembarangan

Redaksi
Mar 02, 2023
iPhone 15 Bakal Punya USB-C, Tapi Tak Bisa Pakai Kabel Sembarangan

iPhone 15 series dirumorkan meluncur tahun ini dengan port USB-C. Tapi sepertinya calon pembeli iPhone 15 tidak bisa menggunakan sembarang kabel untuk merasakan semua manfaatnya.

Tipster ShrimpApplePro melaporkan iPhone 15 akan mengandalkan kabel dan aksesoris USB-C yang memiliki sertifikat Made for iPhone (MFi). Dalam cuitannya di Twitter, ShrimpApplePro menambahkan Foxconn sudah mulai memproduksi massal aksesoris seperti EarPods dan kabel yang sesuai dengan sertifikasi Apple.

MFi sendiri merupakan program sertifikasi yang diluncurkan oleh Apple pada tahun 2012 setelah iPhone 5 menggunakan port Lightning. Produsen pihak ketiga bisa memproduksi charger atau aksesoris lainnya mengikuti standar Apple untuk memastikan keaslian dan keamanannya, tapi mereka harus membayar lisensi sebesar USD 100 per tahun kepada Apple.

Kabel dan aksesoris Lightning yang mendapatkan sertifikat MFi memiliki integrated circuit (IC) yang memastikan keaslian komponen tersebut. Kabel dan aksesoris pihak ketiga yang tidak bersertifikat MFi tidak memiliki chip ini, sehingga muncul peringatan 'This accessory is not supported' jika dihubungkan ke perangkat Apple.

Jika port USB-C di iPhone 15 hanya mendukung charger dan aksesoris yang sudah memiliki sertifikat MFi, maka pengguna kemungkinan tidak bisa menggunakan charger USB-C yang sudah mereka miliki saat ini. Pasalnya charger tersebut tidak memiliki sertifikat MFi dan Apple mungkin akan membatasi kemampuannya.

Benar saja, dalam cuitan selanjutnya ShrimpApplePro mengatakan kabel USB-C yang tidak memiliki sertifikat MFi akan dibatasi kecepatan charging dan transfer data menggunakan software, seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (2/3/2023).

[Gambas:Twitter]

Menurut laporan analis Ming-Chi Kuo, port USB-C di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro akan memiliki kemampuan yang berbeda. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan memiliki kecepatan yang sama seperti USB 2.0/Lightning yaitu 480 Mbps.

Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan USB-C 3.2 atau Thunderbolt 3. USB-C 3.2 bisa meningkatkan kecepatan transfer data hingga 20 Gbps, sedangkan Thunderbolt 3 bisa lebih cepat lagi hingga 40 Gbps.

Tapi jika rumor ini benar, maka iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max hanya bisa mencapai kecepatan tersebut jika menggunakan kabel resmi Apple atau kabel pihak ketiga dengan sertifikat MFi. Kecepatan isi ulang baterai juga akan dibatasi tanpa kabel yang sesuai standar Apple.

back to top