• Home
  • Berita
  • Sekelumit Drama Jelang Pelatnas eSports SEA Games

Sekelumit Drama Jelang Pelatnas eSports SEA Games

Redaksi
Mar 02, 2023
Sekelumit Drama Jelang Pelatnas eSports SEA Games

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dalam waktu dekat akan mengumumkan pelatnas eSports untuk SEA Games 2023. Namun, penyusunan pelatnas sempat ada sedikit drama juga.

Seperti diketahui, di media sosial sempat ramai dibahas di komunitas fans soal beberapa pro player Valorant Tanah Air, yang tidak memenuhi panggilan PBESI untuk membela negara di SEA Games 2023.

Nah seperti isu yang beredar di komunitas, beberapa pro player yang dimaksud berasal dari tim Boom Esports. Untuk itu, detikINET juga sudah menghubungi Gary Ongko Putera, Founder dan CEO Boom Esports.

Dirinya mengatakan memang ada beberapa player Boom yang dipanggil untuk SEA Games Kamboja, termasuk tiga pemain Valorant dan empat anggota PUBG Mobile. Ada sejumlah kendala terkait jadwal antara SEA Games dan kompetisi Valorant, Split 2 VCT ID untuk naik kelas ke Ascension.

"Perihal Valorant di saat dapat panggilan, player langsung meminta ke saya apakah bisa disampaikan ke PBESI untuk dikirimkan satu tim, mengingat jadwal SEA Games bersinggungan dengan Split 2 VCT ID," kata Gary.

Gary mengatakan dalam pemanggilan tersebut bersifat penawaran. Ada pilihan untuk bergabung atau menolak tanpa ada tekanan. Karena permintaannya adalah personel dan bukan satu tim utuh, Boom Esports memilih untuk tidak bergabung.

"Pilihan untuk tidak bergabung memang tertulis dalam formulir partisipasi tersebut, dan seyogyanya keputusan tersebut dapat diterima apa adanya sebagai bagian dari sikap sportif oleh semua pihak," pungkas Gary.

Ketika dikonfirmasi ke PBESI, Ketua Bidang Humas, Ashadi Ang tidak menanggapinya lebih jauh. Ashadi menegaskan bahwa bela negara termasuk melalui bidang olahraga, merupakan hak sekaligus kewajiban warga negara yang dicita-citakan UUD 1945.

"Maka, kami berpesan bahwa setiap pemain esports dapat memenuhi kewajibannya sebagai bentuk rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air," kata Ashadi kepada detikINET, Kamis (2/3/2023).

Ashadi bilang, bahwa tim Valorant sudah terbentuk dan PBESI sedang fokus menyiapkan Timnas sebaik-baiknya. PBESI berupaya mengoptimalkan fasilitas yang dibutuhkan, agar performa teknis maupun nonteknis pemain meningkat.

Menurutnya, seluruh pemain yang saat ini berkontribusi merupakan atlet-atlet terbaik nasional. Mereka memiliki semangat dan komitmen tinggi untuk membela Tanah Air di kancah dunia.

"Kami berharap komitmen yang ditunjukkan atlet-atlet pelatnas SEA Games ke-32 Kamboja 2023 ini menjadi inspirasi bagi generasi seusianya untuk berkontribusi menyumbangkan kemampuan terbaik, sesuai profesi masing-masing, untuk Indonesia tercinta," pungkas Ashadi.

back to top