• Home
  • Berita
  • Intel dan Microsoft Siap-siap untuk Windows 12

Intel dan Microsoft Siap-siap untuk Windows 12

Redaksi
Mar 02, 2023
Intel dan Microsoft Siap-siap untuk Windows 12

Intel dan Microsoft terlihat tengah mempersiapkan peluncuran Windows 12, yang terungkap dari spesifikasi prosesor Intel Xeon terbaru.

Diungkap akun Twitter @leaf_hobby, yang sering membocorkan informasi soal komponen PC, prosesor Intel Xeon dengan arsitektur Meteor Lake terbaru menyebutkan dukungan untuk Windows 12 dalam spesifikasinya.

Dalam kicauan yang kini sudah dihapus tersebut disebutkan kalau Meteor Lake mendukung 20 jalur PCIe Gen5 dan mendukung Windows 12. Intel dan Microsoft menolak berkomentar soal bocoran ini.

Microsoft pun sejauh ini belum pernah mengungkap soal rencana peluncuran Windows 12. Namun tanda-tanda kehadiran OS terbaru itu sudah terlihat dari rencana Microsoft untuk mengintegrasikan berbagai fitur berbasis AI.

"Karena kami sudah mulai mengembangkan versi Windows elanjutnya kami akan memeprtimbangkan untuk memanfaatkan AI secara natural dalam hal pengalaman pengguna," jelas Yusuf Mehdi, Microsoft head of consumer marketing, dalam sebuah wawancara.

Mehdi sedang membahas pembaruan Windows 11 yang mengintegrasikan AI Bing ke dalam taskbar OS tersebut. Ada juga rekomendasi konten dari AI yang muncul di menu Start untuk pengguna versi bisnis.

Kabarnya Microsoft juga mengembangkan fitur smart snap berbasis AI di Windows 11, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (2/3/2023).

Sebelumnya, bos Windows Panos Panay juga pernah menyebut kalau AI bakal mengubah segala hal yang dilakukan pengguna di Windows. Begitu juga tim Surface yang menyebut AI bisa mengubah cara pengguna memakai PC.

Jika Microsoft benar-benar berencana membenamkan AI ke dalam Windows versi selanjutnya, mereka semestinya harus bekerja sama dengan mitra pembuat hardware seperti Intel dan AMD untuk mengoptimasi chip atau prosesor agar bisa menghandel tugas-tugas AI.

Hal itulah yang mungkin membuat Intel menyebutkan dukungan terhadap Windows 12 di prosesor Xeon terbarunya.

Sebelumnya ada juga AMD yang baru merilis Ryzen 7000 versi mobile, yang digadang-gadang sebagai chip x86 pertama yang mempunyai engine AI khusus untuk mendukung Windows Studio Effects.

Lewat fitur ini pengguna bisa melakukan hal seperti menghilangkan noise pada background dan memperbaiki eye contact, yang biasanya hanya tersedia di perangkat berbasis ARM dengan neural processing unit (NPU).

Belum diketahui kapan Windows 12 ini akan dirilis, namun kabarnya Microsoft kembali menggunakan siklus tiga tahunan untuk merilis Windows baru. Jika benar, artinya Windows baru bakal dirilis pada 2024.

back to top