Eits Jangan Salah, Generasi Boomer Juga Pakai AI untuk Kerja

Kecerdasan buatan (AI) generatif sepertinya sudah menjadi alat kerja yang penting untuk pekerja kantoran di Indonesia. Penggunaan AI di tempat kerja tidak hanya didominasi oleh millennial dan Gen Z, tapi juga generasi yang lebih tua.
Hal ini terungkap dari laporan terbaru Microsoft yang bertajuk Work Trend Index 2024. Dalam survei yang melibatkan 31.000 orang di 31 negara itu, Microsoft menemukan 92% pekerja kantoran di Indonesia sudah menggunakan AI generatif di tempat kerja, lebih tinggi dibandingkan angka global (75%) dan Asia Pasifik (83%).
Tidak hanya itu, 92% pemimpin perusahaan di Indonesia juga meyakini pentingnya adopsi AI di tempat kerja. Namun 48% dari pemimpin di Indonesia khawatir perusahaannya belum memiliki rencana dan visi untuk adopsi AI.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
"Tapi ini kalau kita bandingkan dengan negara Asia Pasifik dan global, angka ini lumayan rendah," kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dalam media briefing di Jakarta, Selasa (11/6/2024).
"Artinya apa, lebih banyak pemimpin perusahaan yang sudah memiliki rencana. Jadi dibandingkan dengan negara lain di Indonesia jauh lebih baik," sambungnya.
Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET |
Karena kekhawatiran itu, Microsoft mendeteksi munculnya fenomena 'Bring Your Own AI' atau BYOAI, di mana karyawan membawa perangkat atau solusi AI mereka sendiri ke tempat kerja karena tidak disediakan oleh perusahaan.
Tren ini tidak hanya dilakukan karyawan berusia muda tapi yang sudah senior. Berdasarkan data global Microsoft, 85% karyawan Gen Z membawa teknologi AI sendiri ke tempat kerja, diikuti dengan millennial (78%), Gen X (76%), dan Boomer (73%).
"Angkanya relatively sama ya, nggak beda jauh. Jadi semua golongan usia, dan semua golongan senioritas dalam perusahaan juga memiliki tren yang sama yaitu membawa AI application ke dalam dunia kerja," jelas Dharma.
Microsoft juga mendeteksi kemunculan fenomena 'AI Power Users', kelompok yang familiar dengan AI dan sering menggunakannya hingga beberapa kali dalam seminggu. 93% power user di Indonesia menggunakan AI untuk memulai hari kerja mereka dan 94% menggunakannya untuk mempersiapkan hari kerja esok harinya.
Tidak hanya itu, 73% power user di Indonesia juga lebih tertarik untuk bereksperimen dengan AI. Angka ini lebih tinggi dibandingkan global (68%) dan Asia Pasifik (51%).
Simak Video "Microsoft Investasi Rp 69 T di Prancis untuk Infrastruktur Cloud"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)