Disney PHK 7.000 Karyawan

Redaksi
Mar 29, 2023
Disney PHK 7.000 Karyawan
Jakarta -

Pada Februari lalu, CEO Disney Bog Iger telah mengumumkan rencana untuk memberhentikan 7.000 karyawan sebagai bagian dari restrukturisasi.

Dan pada Selasa (28/3), Iger telah mengirimkan memo internal kepada karyawannya bahwa akan ada tiga putaran PHK yang di mana putaran pertama akan dimulai pada minggu ini.

"Minggu ini, kami mulai memberi tahu karyawan yang posisinya terkena dampak pengurangan tenaga kerja perusahaan. Atasan langsung akan menyampaikan berita tersebut langsung kepada kelompok pertama karyawan yang terkena dampak selama empat hari ke depan." tulis Iger sebagaimana dikutip detikINET dari Techcrunch.

Putaran kedua PHK yang akan lebih besar akan dilakukan pada bulan April dengan ribuan karyawan diberhentikan. Selanjutnya, PHK putaran ketiga akan terjadi sebelum awal musim panas untuk mencapai target pemangkasan 7.000 karyawan.

"Di saat-saat sulit, kita harus selalu melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan Disney dapat terus memberikan hiburan yang luar biasa kepada penonton dan tamu di seluruh dunia - sekarang, dan jauh di masa depan," tulis Iger dalam memo tersebut.

Tidak jelas area perusahaan mana yang akan terpengaruh oleh PHK. Namun sumber mengatakan kepada taman Deadline bahwa layanan streaming Hulu dan area hiburan lainnya seperti ESPN dan taman hiburan Disney akan terdampak.

"Untuk karyawan kami yang tidak terpengaruh, saya ingin mengakui bahwa tidak diragukan lagi akan ada tantangan di masa depan saat kami terus membangun struktur dan fungsi yang memungkinkan kami untuk sukses di masa mendatang. Saya meminta pengertian dan kerja sama Anda selama ini, " tambah Iger.

Iger kembali ke Disney sebagai CEO pada bulan November 2022 setelah menggantikan Bob Chapek. Sejak pengambilalihan, Iger telah membuat perubahan organisasi yang signifikan pada perusahaan.

Selain PHK, perusahaan juga akan memangkas pengeluaran. Disney berencana memangkas biaya sebesar USD 5,5 miliar, termasuk USD 3 miliar untuk pengeluaran konten.



Simak Video "Tekanan Bisnis Media Hiburan, Disney Bakal Pangkas 7 Ribu Staf"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)
back to top