• Home
  • Berita
  • Demi 5G di Indonesia, Apakah Teknologi 2G Perlu Dilenyapkan?

Demi 5G di Indonesia, Apakah Teknologi 2G Perlu Dilenyapkan?

Redaksi
Sep 24, 2023
Demi 5G di Indonesia, Apakah Teknologi 2G Perlu Dilenyapkan?
Jakarta -

Teknologi 5G memang sudah diperkenalkan sejak Mei 2021 di Indonesia. Cuma realitanya itu hanya berapi-api di awal, dan sekarang malah seperti tidak ada pergerakan. Terbatasnya ketersediaan spektrum yang dimiliki operator seluler dan ekosistem yang belum terbentuk menjadi batu sandungannya.

Berbeda dengan pendahulunya, yakni 4G, yang tidak hanya panas ketika pertama kali diumumkan. Tetapi juga diiringi pengembangannya yang begitu pesat.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mungkin salah satunya ialah memberdayakan spektrum frekuensi yang sudah ada. Maksudnya di sini mengganti teknologi lama dengan yang baru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bahwa Indonesia masih menyediakan jaringan generasi kedua alias 2G. Padahal penerusnya yakni 3G sudah resmi dimatikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dengan begitu 4G lebih bebas melenggang dan dapat dinikmati oleh masyarakat di Tanah Air. Mungkin kalau Kominfo melakukan suntik mati terhadap 2D, penyebaran 5G bisa berjalan lebih cepat.

Namun pertanyaan besarnya, apakah mematikan 2G itu diperlukan demi keberlangsungan hidup jaringan generasi kelima itu? Denny Setiawan, Direktur Penataan Sumber Daya SDPPI, pun memberikan jawabannya.

Berbicara kepada detikINET usai acara the 2nd MASTEL's 5G Summit di Hotel JS Luwansa (21/9), mengenai upaya tersebut sepertinya pihaknya masih harus mendiskusikannya. Ia mengungkapkan butuh sebuah rencana untuk merealisasikannya.

"Kita butuh suatu road map ke depan ya. Kita tidak mau juga kalah sama negara tetangga. Tapi challenge-nya adalah kalau lebih cepat buat apa. Ya itu nanti yang harus kita cari bersama. Nah itu kita harus punya road map. Nah kita tetapkan bersama," kata Denny.

Menurutnya hal tersebut bisa mendorong semangat yang lain, tidak hanya operator tapi juga pemerintah dan ekosistem. Jadi kata Denny, ada target yang jelas selama lima tahun ke depan agar bisa lebih baik dari saat ini.



Simak Video "Seberapa Penting Sih Upgrade HP ke 5G?"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)
back to top