• Home
  • Berita
  • Nah Lho! Twitter/X Akan Matikan Fitur Circle Bulan Depan

Nah Lho! Twitter/X Akan Matikan Fitur Circle Bulan Depan

Redaksi
Sep 24, 2023
Nah Lho! Twitter/X Akan Matikan Fitur Circle Bulan Depan
Jakarta -

Twitter/X mengumumkan akan mematikan Circle, fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah cuitan yang hanya bisa dilihat oleh orang tertentu saja. Fitur mirip 'Close Friends' di Instagram ini akan dimatikan bulan depan.

Dalam pengumumannya, X mengatakan fitur ini akan dihilangkan pada 31 Oktober mendatang. Setelah tanggal ini, pengguna tidak bisa mengunggah postingan yang hanya bisa dilihat anggota Circle-nya atau menambahkan orang baru ke Circle.

"X akan mematikan Circles pada 31 Oktober 2023. Setelah tanggal ini, kalian tidak akan bisa membuat postingan baru yang dibatasi hanya untuk Circle, dan kalian uga tidak bisa menambahkan orang ke Circle," kata X dalam halaman dukungannya, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (24/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Namun, kalian akan bisa menghapus orang dari Circle, dengan unfollow mereka seperti cara yang dijelaskan di bawah ini," sambungnya. X menambahkan pengguna masih bisa melihat konten yang mereka unggah ke Circle setelah tanggal tersebut.

Twitter pertama kali merilis Circle pada Agustus 2022, setelah melewati uji coba beta selama beberapa bulan. Pengguna hanya boleh membuat satu Circle, tapi mereka bisa menambahkan hingga 150 orang dalam satu Circle.

Belum diketahui apa alasan Twitter/X mematikan layanan Circle. Tapi belakangan ini perusahaan milik Elon Musk itu lebih sering mempromosikan fitur Communities yang mirip seperti grup Facebook. Mungkin X menganggap Circle dan Communities terlalu mirip.

Fitur Circle juga sempat menimbulkan kontroversi. Pada bulan April lalu, sejumlah pengguna mengeluhkan postingan yang seharusnya diunggah untuk Circle malah muncul di timeline For You.

Kebocoran ini tentu membuat pengguna Twitter panik karena cuitan mereka yang seharusnya hanya bisa dilihat orang tertentu malah bisa dilihat banyak orang. Sebulan kemudian, Twitter mengatakan insiden ini disebabkan oleh bug.



Simak Video "Waduh! Pengguna Aktif Twitter Turun Usai Ganti Nama Jadi X"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)
back to top