• Home
  • Berita
  • Daftar Password yang Paling Gampang Ditebak Tahun 2023, Ada 'bismillah'

Daftar Password yang Paling Gampang Ditebak Tahun 2023, Ada 'bismillah'

Redaksi
Nov 18, 2023
Daftar Password yang Paling Gampang Ditebak Tahun 2023, Ada 'bismillah'
Jakarta -

Membuat password yang unik dan tidak mudah ditebak tapi tetap gampang diingat tentu tidak mudah. Walaupun susah, usahakan kalian jangan menggunakan salah satu dari 20 password yang mudah ditebak ini.

NordPass, penyedia layanan pengelola password, baru saja merilis daftar 200 password yang paling banyak digunakan sepanjang tahun 2023. Sebagian besar password yang ada di daftar ini bisa ditebak hanya dalam hitungan detik.

Daftar ini disusun oleh NordPass yang bekerjasama dengan peneliti independen. Mereka menganalisis database password sebesar 4,3TB yang didapat dari berbagai sumber publik, termasuk dark web.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laporan NordPass mengungkap password yang paling banyak digunakan sepanjang tahun 2023 adalah '123456' yang dipakai lebih dari 4,5 juta kali dan butuh waktu kurang dari satu detik untuk ditebak. Parahnya, '123456' sudah memuncaki daftar ini selama lima tahun berturut-turut.

Dari 20 password teratas yang ada di daftar ini, 17 di antaranya bisa ditebak dalam waktu kurang dari satu detik seperti 'admin', 'password', '123123', dan '111111'. Daftar lengkapnya bisa kalian lihat dengan klik link berikut ini.

Selain daftar 200 password yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, NordPass juga merilis daftar 20 password yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sama seperti daftar global, password yang paling banyak dipakai di Indonesia adalah '123456'.

Tapi ada juga beberapa password yang unik dan penuh kearifan lokal seperti 'bismillah' yang bisa ditebak dalam waktu kurang dari satu detik, 'rahasia' yang membutuhkan waktu 17 menit untuk ditebak , dan 'Telkomdso123' yang bisa ditebak dalam waktu empat bulan, seperti dikutip dari NordPass, Sabtu (18/11/2023).

Deretan password yang disebutkan di atas tentu tidak layak digunakan untuk mengamankan akun atau perangkat kalian. Saat membuat password ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu panjang password minimal 20 karakter; kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol; serta hindari informasi pribadi seperti nama atau tanggal lahir.

Jangan gunakan password yang sama berkali-kali, dan ganti password kalian secara reguler. Kalau kesulitan membuat password yang unik, kalian bisa menggunakan password manager yang juga bisa menyimpan dan mengingat password.

Terakhir, kalian juga bisa menggunakan teknologi passkey yang memungkinkan login hanya dengan sidik jari atau wajah. Saat ini beberapa layanan online populer sudah beralih ke passkey seperti Google, WhatsApp, TikTok, PayPal, dan Amazon.



Simak Video "Berantas Password Sharing, Pengguna Netflix Diprediksi Meroket"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top