• Home
  • Berita
  • CCTV Rekam Baterai Sepeda Listrik Meledak di Hotel

CCTV Rekam Baterai Sepeda Listrik Meledak di Hotel

Redaksi
Oct 07, 2023
CCTV Rekam Baterai Sepeda Listrik Meledak di Hotel
Sydney -

Terjadi ledakan di Losmen Sydney baru-baru ini dan menyebabkan kebakaran. Diketahui seorang luka-luka sedangkan 70 orang lainnya berhasil dievakuasi. Penyebabnya dilaporkan adalah sepeda listrik.

Berdasarkan cuplikan dari CCTV setempat, tepatnya pada pukul 9.08 waktu setempat (05.08 WIB), terlihat ada seorang pria dewasa keluar dari sebuah ruangan. Tak lama, ia terkejut saat seorang pria lainnya berlari ke arahnya yang diikuti ledakan api di belakangnya. Api itu kemudian menyebar dan semakin membesar.

Mereka, yang merupakan WNA dari Prancis, berhasil menyelamatkan diri ke tempat aman sebelum akhirnya meminta bantuan ke kantor polisi terdekat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diketahui bahwa ledakan tersebut diakibatkan oleh sepeda listrik yang sedang diisi ulang baterainya. Fire and Rescue New South Wales (FRNSW), menemukan sepeda tersebut memiliki baterai ion litium yang sudah rusak sehingga dapat memicu ledakan.

Ada 22 petugas yang dikirim bersama 6 mobil pemadam kebakaran menuju Darlinghurst Road. Begitu sampai di sana, gedung sudah terbakar parah. Polisi dan paramedis juga ada di sana untuk membantu para petugas.

Salah seorang dari dua saksi pertama itu mengalami luka bakar kecil di kakinya dan lekas dikirim ke Rumah Sakit ST Vincent Sydney. Saat jalanan di sekitar tempat kejadian ditutup sebagai tindakan pengamanan, 70 orang dari losmen dievakuasi.

Unit Investigasi dan Riset Kebakaran dari FRNSW bekerja sama dengan Polisi NSW dalam menginvestigasi keadaan sekitar di tempat kejadian tersebut.

Menurut pengamat dari EV FireSafe Emma Sutcliffe, kobaran api mungkin dipicu gas beracun yang mudah terbakar, berasal dari baterai lithium-ion yang rusak. Dia menyoroti meningkatnya risiko kebakaran yang disebabkan oleh kerusakan pada sepeda listrik, skuter listrik, dan perangkat bertenaga baterai seperti skateboard dan hoverboard.

"Hal ini terjadi hampir setiap minggu di Australia dan setelah Natal kita mungkin akan melihat peningkatannya," katanya.

"Kebakaran baterai sepeda listrik dan skuter listrik sangat umum terjadi dan di London dan New York mereka melihatnya setiap hari, jika tidak dua atau tiga kali," tambahnya.

*Artikel ini ditulis oleh Khalisha Fitri, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Dispar Kota Denpasar Larang Sepeda Listrik Masuk Pedestrian Pantai Sanur"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top