• Home
  • Berita
  • Apa Itu ChatGPT? Ini Pengertian dan Cara Pakainya

Apa Itu ChatGPT? Ini Pengertian dan Cara Pakainya

Redaksi
Oct 07, 2023
Apa Itu ChatGPT? Ini Pengertian dan Cara Pakainya
Daftar Isi
  • Pengertian ChatGPT
  • Cara Pakai ChatGPT
Jakarta -

Beberapa waktu terakhir ramai diperbincangkan tentang ChatGPT oleh warganet. Kehadiran platform chat yang mengusung Artificial Intelligence (AI) ini bikin sebagian netizen penasaran dan ingin mencobanya.

Namun, sebagian orang masih kebingungan bagaimana cara menggunakan ChatGPT. Lantas, bagaimana cara pakainya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian ChatGPT

Bagi kamu yang belum tahu, ChatGPT adalah singkatan dari 'Chat Generative Pre-trained Transformer'. Platform ini mirip seperti chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI, yakni startup besutan Elon Musk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir situs ZD Net, dalam hal ini OpenAI sebagai dalang di balik DAAL-E, yaitu sebuah platform pencipta gambar yang mendapat support system dari kecerdasan buatan. Chatbot ini mengusung teknologi GPT 3.5 yang merupakan model kecerdasan buatan generasi terbaru dari OpenAI.

ChatGPT memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks yang mirip dengan teks manusia, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, mulai dari memberikan saran, menerjemahkan teks, menulis pesan secara otomatis, dan lain sebagainya.

Namun, ChatGPT juga memiliki sejumlah keterbatasan, di mana pengetahuannya sempat terhenti di tahun 2021. Dalam sejumlah kasus, pengguna melaporkan bahwa ChatGPT memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan yang diajukan manusia.

Maka dari itu, diharapkan bagi pengguna ChatGPT agar tidak langsung percaya begitu saja dari semua jawaban yang diberikan. Lalu, detikers perlu menggunakannya secara bijak demi menghindari masalah seperti disinformasi atau bias.

Cara Pakai ChatGPT

Apakah detikers penasaran ingin menggunakan ChatGPT untuk mencari suatu informasi? Jika iya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka situs resmi ChatGPT di https://chat.openai.com/auth/login.
  2. Pilih opsi 'Sign up' untuk membuat akun baru atau 'Log in' jika kamu sudah memiliki akun.
  3. Masukkan alamat email dan nomor telepon di kolom yang sudah disediakan.
  4. Setelah berhasil memverifikasi nomor telepon yang diberikan lewat kode konfirmasi, detikers bisa melanjutkan proses pembuatan akun.
  5. Kamu juga bisa menggunakan cara alternatif, yaitu sign up dengan akun Google atau Microsoft untuk membuat akun baru hanya dengan sekali klik.
  6. Setelah memiliki akun OpenAI, kamu sudah bisa mengakses ChatGPT.
  7. Selanjutnya, ketik pesan atau pertanyaan yang ingin ditanyakan lewat kotak teks yang ada di bagian bawah
  8. Jika pertanyaan yang diajukan telah ditulis, lalu klik tombol 'Send' di layar atau tekan tombol 'Enter' di keyboard.
  9. Tunggu beberapa saat sampai bot AI akan langsung memproses pertanyaanmu dan akan menampilkannya di layar secara real time.
  10. Selesai, ChatGPT telah menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Itu dia penjelasan mengenai ChatGPT beserta cara menggunakannya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.



Simak Video "Elon Musk Cs Dukung Pemerintah AS Buat Regulasi Masa Depan AI"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)
back to top