• Home
  • Berita
  • Badai Dahsyat Milton Terjang Florida, Sudah Telan Korban Jiwa

Badai Dahsyat Milton Terjang Florida, Sudah Telan Korban Jiwa

Redaksi
Oct 10, 2024
Badai Dahsyat Milton Terjang Florida, Sudah Telan Korban Jiwa
Jakarta -

Badai Milton yang menakutkan akhirnya menerjang wilayah Florida sebagai badai Kategori 3 pada hari Rabu waktu setempat. Badai itu membawa kesengsaraan ke area yang masih belum pulih usai dilanda Badai Helene.

Dikutip detikINET dari Associated Press, Badai Hilton menghantam kota-kota dengan angin berkecepatan lebih dari 60 kilometer per jam setelah menghasilkan rentetan tornado. Badai tersebut menerpa area Siesta Key dekat Sarasota, sekitar 112 kilometer selatan kota metropolitan Tampa.

Situasi di wilayah Tampa masih darurat karena hujan sangat deras, mendorong Layanan Cuaca Nasional memperingatkan tentang banjir bandang. Stadion Tropicana Field, kandang Tampa Bay Rays di St. Petersburg, tampak rusak parah. Adapun lebih dari 2 juta rumah dan bisnis terputus listriknya di Florida, menurut poweroutage.us.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum Milton mendarat, tornado menyapu beberapa area. Spanish Lakes Country Club terkena dampak besar, di mana rumah-rumah hancur dan beberapa penduduk tewas. "Kami telah kehilangan beberapa nyawa," cetus Sheriff St. Lucie County Keith Pearson.

Sekitar 125 rumah hancur sebelum badai itu mendarat. Sekitar 90 menit setelah mendarat, Milton diturunkan jadi badai Kategori 2. Badai tersebut menghantam wilayah yang masih terguncang dua minggu setelah Badai Helene membanjiri jalan-jalan dan rumah-rumah di Florida barat dan menewaskan sedikitnya 230 orang.

ADVERTISEMENT

Pihak berwenang telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib di 15 daerah di Florida dengan total populasi sekitar 7,2 juta orang. Para pejabat memperingatkan bahwa siapa pun yang tertinggal harus berjuang sendiri, karena petugas tanggap darurat kemungkinan besar tidak bisa melakukan penyelamatan di tengah badai.

Wali Kota St. Petersburg Ken Welch memberi tahu warga untuk bersiap menghadapi pemadaman listrik yang lama dan kemungkinan penutupan sistem pembuangan limbah.

Di Pelabuhan Charlotte, sekitar 160 kilometer selatan Tampa, awan berputar dan angin bertiup kencang saat warga bernama Josh Parks memasukkan pakaian dan barang-barang lainnya ke sedan Kia-nya. Dua minggu lalu, gelombang badai Helene membawa sekitar 1,5 meter air ke lingkungan tersebut, dan jalan-jalannya masih dipenuhi perabotan dan puing-puing lainnya.

Parks, seorang teknisi mobil, berencana melarikan diri ke rumah putrinya di pedalaman dan mengatakan teman sekamarnya sudah pergi."Saya menyuruhnya berkemas seolah-olah Anda tidak akan kembali," katanya. Menjelang sore, maskapai penerbangan telah membatalkan sekitar 1.900 penerbangan.



Simak Video "Video: Penampakan Badai Milton Citra Satelit"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)
back to top