• Home
  • Berita
  • Coba Tebak, Ada Berapa Banyak Semut di Dunia Ini?

Coba Tebak, Ada Berapa Banyak Semut di Dunia Ini?

Redaksi
Oct 10, 2024
Coba Tebak, Ada Berapa Banyak Semut di Dunia Ini?
Jakarta -

Semut ukurannya kecil dan hidup berkelompok. Kalau ada gula jatuh sedikit, rombongan semut langsung menghampiri.

Sekarang, coba main tebak-tebakan. Ada berapa banyak semut di dunia ini? Sejuta? Dua juta? Lebih dong, masa segitu doang.

Menurut perkiraan ilmiah terbaru, jumlah semut di Bumi ada sebanyak... 20 kuadriliun! Sebagai informasi, 1 kuadriliun setara 1.000 triliun. Itu berarti, 20 kuadriliun sama dengan 20.000 triliun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir IFLScience, angka 20 kuadriliun itu berasal dari sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada tahun 2022. Mereka mencapai kesimpulan ini dengan mensintesis data dari hampir 500 studi tentang keanekaragaman serangga yang mencakup semua benua, bioma utama, dan habitat.

Faktanya, angka dari studi itu dua kali lipat dari perhitungan kasar yang diterbitkan pada tahun 1994. Itu adalah upaya ilmiah pertama yang memperkirakan jumlah semut.

ADVERTISEMENT

Pertanyaan selanjutnya, berapa berat yang dihasilkan jika seluruh semut digabungkan?

Total biomassa mereka diperkirakan mencapai 12 megaton. Beban ini masih 20% dari biomassa seluruh manusia di Bumi.

Lanjut ke pertanyaan ketiga, kapan semut pertama kali ada?

Semut muncul antara 140 dan 168 juta tahun yang lalu, menurut sebuah penelitian tahun 2006. Ini terjadi dalam periode Jurassic (199,6 juta hingga 145,5 juta tahun yang lalu), yang ditandai oleh iklim basah yang hangat dan subur. Kondisi ini memunculkan banyak kehidupan, termasuk dinosaurus.

Dipercayai bahwa semut berevolusi pada waktu tersebut karena itu juga merupakan periode ketika tanaman berbunga muncul. Ini menyediakan serangga kecil banyak makanan yang memungkinkan mereka tumbuh dan berkembang biak.



Produksi Gula Semut yang Kini Tembus Pasar Internasional

Produksi Gula Semut yang Kini Tembus Pasar Internasional


(ask/afr)
back to top