• Home
  • Berita
  • Anak Usaha Telkom Terapkan Teknologi 3A, Ini Penjelasannya

Anak Usaha Telkom Terapkan Teknologi 3A, Ini Penjelasannya

Redaksi
May 31, 2024
Anak Usaha Telkom Terapkan Teknologi 3A, Ini Penjelasannya
Jakarta -

Infomedia Nusantara, anak perusahaan Telkom Indonesia, memamerkan kesuksesannya dalam penerapan teknologi automatic, AI, dan analytics (3A), yang sukses menggenjot laba bersih mereka.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Infomedia mengaku laba bersihnya tumbuh 30% dengan revenue perusahaan tercapai sebesar 122% dan EBITDA 109% dari target perusahaan di tahun 2023.

Pencapaian ini didorong dari pertumbuhan bisnis perusahaan melalui digital customer relationship management serta digital shared service operation yang semakin baik di tahun 2023. Pencapaian tersebut disampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 Infomedia pada 29 Mei 2024 di The Telkom Hub, Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kinerja Infomedia sepanjang tahun 2023 secara aktif merespon kebutuhan pasar melalui penerapan strategi dalam menciptakan produk dan teknologi yang inovatif untuk menambah value bagi pelanggan. Salah satunya dengan meningkatkan kapabilitas Automatic, AI dan Analytics (3A) untuk membangun portofolio digital BPO yang semakin mumpuni di pasar," kata Dirut Infomedia Eddy Sofryano, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Melalui penguatan kapabilitas digital dengan teknologi 3A, Infomedia memastikan peningkatan kualitas customer experience yang dihadirkan dalam penyediaan operational perusahaan. Operasional perusahaan mencatatkan pertumbuhan interaksi yang signifikan pada digital channel dengan peningkatan interaksi digital CRM sebesar 28% dan transaksi digital SSO tumbuh 18% dari tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENT

Peluang perusahaan untuk mengakselerasi bisnis masih terbuka luas dengan semakin banyaknya perusahaan mengadopsi digitalisasi dalam setiap proses bisnisnya. Prediksi market size industri business process outsourcing (BPO) yang mencapai Rp 21 triliun di Tahun 2026 semakin memberikan optimisme bagi Infomedia untuk terus melaju di sektor CRM dan SSO dengan memanfaatkan beragam inovasi yang dikembangkan.

Tren teknologi AI, Automation (robotik), dan Analytics telah menjadi perhatian khusus Infomedia dalam strategi pengembangan bisnis, baik melalui pembanguanan kapabilitas internal ataupun melalui partnership strategis yang dibangun perusahaan.

Meskipun masih dalam tahap awal implementasi, percepatan proses dan keakuratan yang meningkat menjadi benefit yang dirasakan pelanggan. Dalam proses CRM, adanya AI Contact Center mampu memberikan respon yang lebih cepat pada perusahaan pelayanan publik dengan tingkat interaksi yang sangat tinggi.

Jumlah interaksi yang dikelola agent dapat dibatasi hanya pada interaksi yang memerlukan eskalasi khusus, dimana interaksi spam dapat dikurangi hingga 100%, interaksi standar dengan pertanyaan yang terstruktur dapat direspon robot dengan cepat, sehingga produktivitas agent meningkat seiring dengan kualitas interaksi yang tereskalasi dengan baik.

"Melalui jumlah SDM yang sama, jumlah trafik yang dikelola Infomedia dapat meningkat hingga 30% dan produktivitas agent meningkat hingga 20," tambahnya.

Penerapan teknologi 3A, menurut Infomedia, juga bisa menekan penggunaan kertas dan bisa memobilisasi transportasi secara optimal, yang bisa dicapai dengan pengelolaan proses bisnis digital yang menyeluruh.

Diantara penerapan tersebut adalah inovasi penggunaan teknologi Optical Character Recognition (OCR) berbasis AI pada proses bisnis perusahaan melalui solusi Doc.AI. Doc.AI di desain sebagai solusi pemrosesan dokumen cerdas yang mampu mengotomatisasi proses ekstraksi data, klasifikasi, serta melakukan verifikasi autentifikasi dokumen dan mendapatkan wawasan lebih dalam dari informasi data baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

Doc.AI menjadi salah satu leading solusi dari Infomedia yang dapat diterapkan di berbagai sektor industri. Kemampuan Doc.AI dalam melakukan pemrosesan dokumen secara cerdas juga telah terimplementasi dalam pengelolaan proses rekrutmen masal yang dilakukan Infomedia untuk perusahaan milik negara.

"Kita akan semakin agresif dalam menselaraskan kebutuhan layanan yang diperlukan industri dengan berbagai inovasi yang kami kembangkan, sekaligus juga berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian dan keselarasan lingkungan. Pada praktik rekrutmen masal, Infomedia memproyeksikan dampak terhadap lingkungan dengan perkiraan setara dengan pelestarian 4.991 pohon sebagai dampak paperless dari2,1 juta pelamar serta pengurangan emisi sebesar 3.195 ton untuk pengehematan alat transportasi," tutup Eddy.



Simak Video "Rencana OpenAI Luncurkan Asisten Digital AI Super Canggih"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)
back to top