• Home
  • Berita
  • Afah Iya Kunyah Pinang dan Pala Bisa Bikin Halusinasi?

Afah Iya Kunyah Pinang dan Pala Bisa Bikin Halusinasi?

Redaksi
Jul 25, 2024
Afah Iya Kunyah Pinang dan Pala Bisa Bikin Halusinasi?
Jakarta -

Indonesia kaya dengan keanekaragaman hayati. Segala jenis tanaman ada di sini, termasuk pala dan pinang yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat. Eh, tapi, dengar-dengar, kunyah pinang dan pala bisa bikin halusinasi? Afah iya?

"Tentu butuh dosis yang sangat besar, ya," kata dr Hari Nugroho, M.Sc dari Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience dalam live 'Eureka!: Kecubung Bikin Linglung', Senin (22/7).

"Nggak cuma pinang ya, pala itu juga tanaman yang punya efek psikoaktif. Tiap jenis tadi punya dosis yang berbeda-beda," lanjutnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada prinsipnya, memang ada sejumlah tanaman-tanaman tersebut dalam dosis yang besar punya akibat yang tidak menyenangkan. Tapi, selama belum lewat batas aman, efek buruknya tidak akan dirasakan.

ADVERTISEMENT

"Misalnya ibu-ibu yang suka nyirih, yang ada pinangnya, kan tidak kemudian mengalami halusinasi yang parah karena memang hanya sekadarnya. Mungkin ada efek stimulannya sedikit," ujarnya.

Kita pun sebenarnya terbiasa menggunakan tanaman-tanaman yang punya efek psikoaktif seperti teh, cokelat, kopi, dan sebagainya. Akan tetapi, kecenderungannya tanaman-tanaman tersebut dikonsumsi pada dosis yang aman.

"Tapi sejauh ini sih saya belum pernah menemukan orang yang makan pinang yang berlebihan, sampai timbul halusinasi. Tapi kalau pala, ada. Ada yang mabuk dengan pala? Ada," akunya.

Diketahui bahwa biji pala mengandung senyawa organik yang disebut myristicin. Senyawa ini apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan pusing hingga paranoid. Selama menggunakan pala untuk memasak, pastikan dalam jumlah kecil saja untuk mengurangi risikonya.



Waspada! Ini Kandungan Paling Berbahaya di Kecubung

Waspada! Ini Kandungan Paling Berbahaya di Kecubung


(ask/afr)
back to top