• Home
  • Berita
  • WhatsApp Business Rilis Dua Fitur Baru untuk Bantu UKM, Apa Saja?

WhatsApp Business Rilis Dua Fitur Baru untuk Bantu UKM, Apa Saja?

Redaksi
Jun 27, 2023
WhatsApp Business Rilis Dua Fitur Baru untuk Bantu UKM, Apa Saja?
Jakarta -

WhatsApp Business merilis dua fitur baru untuk membantu usaha kecil dan menengah menjangkau lebih banyak konsumen. Fitur baru ini diumumkan bersamaan dengan peringatan Hari UMKM Internasional yang jatuh pada 27 Juni.

Fitur pertama yang diumumkan adalah opsi untuk memasang iklan yang diarahkan ke WhatsApp tanpa membutuhkan akun Facebook. Jadi pemilik bisnis cukup menyediakan alamat email dan metode pembayaran.

"Iklan kita bisa naikkan di Facebook, bisa kita naikkan di Instagram, kalau diklik larinya ke WhatsApp kita," kata Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian dalam acara WhatsApp MSME SUmmit 2023 di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

"Ini bisa dilakukan langsung seperti boost post di Instagram, jadi bisa dilakukan tanpa page Facebook. Sebelumnya kita bisa lakukan iklan, namun kita harus konek ini ke aplikasi Facebook jadi beberapa kali klik. Nah ini sekali klik, dua kali klik bisa naik ke Instagram maupun Facebook," sambungnya.

Dengan fitur ini, pemilik bisnis bisa membuat, membeli dan menayangkan iklan di Facebook dan Instagram secara langsung di aplikasi WhatsApp Business. Ketika iklan itu diklik oleh seseorang, calon konsumen akan diarahkan ke chat di WhatsApp sehingga mereka bisa bertanya-tanya, melihat produk, dan melakukan pembelian.

Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Baik Pieter maupun WhatsApp belum mengungkap berapa tarif pemasangan iklan langsung lewat WhatsApp Business. Public Policy Manager WhatsApp Esther Samboh mengatakan saat ini fitur tersebut masih dalam tahap uji coba sehingga tarifnya pun masih belum ditetapkan.

"Nanti kita akan share lebih lanjut karena saat ini masih dalam bentuk tes, jadi karena lagi tes kita juga lagi melakukan studi dan riset dengan UKM-UKM terpilih yang kami melakukan testing ini," kata Esther saat ditemui seusai acara.

"Di fase testing ini kita juga menentukan di mana sih titik harga yang baik untuk teman-teman UKM yang bisa menunjang bisnisnya masing-masing. Intinya kita pengin set harga yang juga tetap membantu teman-teman UKM tanpa membebani sehingga mengirimkan pesan dan berinteraksi dengan konsumennya dengan lebih mudah dan lebih bermakna lagi," sambungnya.

Selain fitur pemasangan iklan yang lebih mudah, WhatsApp Business juga merilis fitur pesan berbayar yang diharapkan bisa membantu UKM menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cepat. Dengan fitur ini, pelaku bisnis bisa mengirimkan pesan yang sudah dipersonalisasi kepada pelanggan mereka, misalnya ucapan selamat ulang tahun atau informasi tentang diskon.

Dua fitur baru WhatsApp Business Foto: Dok. WhatsApp

Tidak hanya itu, pelaku bisnis juga bisa menambahkan call to action atau ajakan bertindak di pesannya. Pieter mengatakan fitur ini cocok bagi pelaku bisnis yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah kenal sekaligus menjaring konsumen baru.

Fitur iklan yang mengarahkan ke WhatsApp akan digulirkan untuk pengguna WhatsApp Business secara bertahap dalam waktu dekat. Sedangkan fitur pesan berbayar saat ini sudah tersedia untuk UKM terpilih dan masih dalam fase awal.



Simak Video "Kenali Beda WhatsApp Premium dengan Versi Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top