Eureka! Keajaiban Air Zamzam

Redaksi
Jun 27, 2023
Eureka! Keajaiban Air Zamzam
Jakarta -

Sumur zamzam, meski sudah berusia ribuan tahun, airnya tidak pernah kering. Dianggap sebagai keberkahan luar biasa dari Allah, sumur zamzam menjadi sumber air para jemaah haji, umroh, dan penduduk Makkah di Arab Saudi. Sains berulang kali membahas keajaibannya.

Dalam perkembangannya, di abad ke-21, ilmu pengetahuan dan teknologi dilibatkan untuk memastikan bahwa air suci ini aman untuk dikonsumsi manusia dan terus mengalir untuk memenuhi kebutuhan jutaan peziarah yang mengunjungi Dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah setiap tahun dalam prosesi ibadah haji dan umrah.

Sejarawan dan ahli geologi sepakat bahwa sumur zamzam, yang terletak hanya 20 meter di sebelah timur Ka'bah di Masjidil Haram, mungkin berusia setidaknya 4.000 tahun. Umat Muslim di dunia mengenal kisahnya dari Al Qur'an ketika Siti Hajar dan Nabi Ismail sendirian dan kehausan di padang pasir.

Dalam perkembangannya, ilmu pengetahuan dan keimanan berpadu harmonis dalam pengelolaan air zamzam di zaman modern. Sedahsyat apakah air zamzam? Apa saja kandungan khasiatnya yang sudah terbukti secara ilmiah? Kenapa air ini tidak habis selama ribuan tahun?

Jangan lewatkan Eureka! 'Keajaiban Aif Zamzam'

Waktu: Selasa, 27 Juni 2023
Jam: 19.00 WIB
Narasumber: pakar hidrogeologi ITB, Dasapta Erwin Irawan.


Live di detikcom, YouTube detikcom, dan Facebook detikcom. Sampai ketemu detikers!



Simak Video "Keajaiban Air Zamzam"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)
back to top