• Home
  • Berita
  • Ular Piton Muncul dari Saluran Air, Bikin Kaget Saat Mandi

Ular Piton Muncul dari Saluran Air, Bikin Kaget Saat Mandi

Redaksi
Jun 10, 2024
Ular Piton Muncul dari Saluran Air, Bikin Kaget Saat Mandi
Jakarta -

Seorang pria di Northern Territory, Australia mengalami kejadian mengagetkan. Saat ia sedang mandi, tiba-tiba muncul ular dari drainase atau saluran air.

Kemunculan ular tersebut membuatnya trauma terhadap drainase tersebut. Ia sempat merekam video memperlihatkan ular kecil memunculkan kepalanya melalui saluran air di kamar mandinya.

Video itu ia posting di media sosial, dan meminta bantuan untuk mengidentifikasi jenis ular tersebut. Berdasarkan berbagai komentar di media sosial, ternyata hewan itu adalah jenis ular piton anak-anak yang tidak berbisa dan tergolong rentan di beberapa bagian negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ular piton anak-anak di saluran air kamar mandi. Foto: Facebook

Ular piton anak-anak hanya bisa tumbuh hingga satu meter panjangnya, menjadikannya ular python terkecil kedua di dunia dan salah satu ular Australia yang paling kecil.

Habitat Piton Anak-anak

Ular jenis ini berwarna cokelat dengan tanda gelap dan sisiknya memiliki kilau biru. Mereka dapat ditemukan di bagian utara Australia Barat, wilayah utara, dan di ujung utara Queensland.
Meskipun pria tersebut senang menemukan ular itu, banyak orang yang menonton videonya menyarankan untuk mematikan air karena khawatir ular itu tenggelam.

ADVERTISEMENT

Seorang netizen yang mengaku sebagai ahli satwa liar menyarankan pria tersebut untuk memanggil penangkap ular demi faktor keamanan. Menurutnya, meskipun ular piton anak-anak bisa hidup di berbagai habitat alami, termasuk lahan basah, lebih baik memanggil ahli untuk menangani situasi ini.

Ahli Ular Berbicara

Ular-ular ini biasanya aktif pada malam hari, jadi kemungkinan ular kecil ini merasa terganggu sehingga terbangun. Dilansir detikINET dari Yahoo News Australia, ahli ular yang dikenal dengan nama akun Facebook Snake Catcher Dan mengatakan bahwa ular piton tersebut tidak terlihat stres dan memastikan ular itu tidak akan tenggelam di kamar mandi.

"Bagi saya, sepertinya ular itu terlalu lebar untuk masuk ke dalam penutup saluran pembuangan," katanya.

"Ular itu mencoba, tetapi tidak bisa masuk sepenuhnya. Ular itu tidak terlihat stres. Tetapi terlihat seperti benar-benar berusaha untuk melewatinya. Bisa jadi pipa tersebut terisi air," lanjutnya.

"Ular itu tidak akan tenggelam, jika memang terpaksa, ia akan berpegangan pada penutup saluran air dan bertahan dengan kepala di celah tersebut," jelasnya.

Orang-orang yang menanggapi video tersebut bercanda bahwa video tersebut mengubah cara pandang mereka tentang mandi pagi.

"Saya tidak akan pernah melihat saluran pembuangan di kamar mandi dengan cara yang sama lagi," tulis seseorang.

"Saya selalu memeriksa toilet. Sekarang saya harus menambahkan lubang air ke dalam daftar yang harus dicek," kata yang lain.

"Pertanyaan saya adalah, bagaimana air bisa masuk ke sana. Saya khawatir ada pipa yang patah," kata warga Australia lainnya.


*) Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.



Simak Video "Geger Wanita di Sidrap Tewas Ditelan Ular Piton"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)
back to top