• Home
  • Berita
  • Twitter Punya Font Baru, Akun Palsu Jadi Gampang Ketahuan

Twitter Punya Font Baru, Akun Palsu Jadi Gampang Ketahuan

Redaksi
Jan 29, 2023
Twitter Punya Font Baru, Akun Palsu Jadi Gampang Ketahuan

Twitter baru saja mengubah tampilan web-nya dan banyak pengguna yang tidak menyadarinya. Perubahannya memang minor, hanya font baru yang sepertinya diluncurkan untuk memudahkan melihat akun palsu atau peniru.

Font yang digunakan di web Twitter tidak sepenuhnya diganti. Menurut Joshua Benton, penulis dari NiemanLab, Twitter masih menggunakan font-nya sendiri yang bernama Chirp tapi dengan gaya OpenType.

Font baru ini memudahkan pengguna untuk membedakan karakter yang terlihat sama. Misalnya huruf 'I' besar dan huruf 'L' kecil yang bentuknya mirip, atau angka '0' dan huruf 'o'.

Dengan font baru ini, huruf 'I' besar jadi memiliki garis melintang di bagian atas dan bawahnya, sedangkan huruf 'L' kecil jadi memiliki ekor di ujungnya. Sementara itu angka '0' sekarang memiliki garis diagonal di tengahnya.

Font baru ini hanya terlihat di username atau handle Twitter. Perubahannya memang kecil tapi setidaknya pengguna jadi mudah membedakan antara akun asli @elonmusk (dengan huruf 'L' kecil) dengan akun palsu @eIonmusk (dengan huruf 'I' besar).

Perubahan ini juga diamati oleh penulis Molly White dan kalian bisa melihat contoh font baru Twitter dalam cuitan di bawah ini. Dalam cuitannya di Twitter, White berspekulasi bahwa Twitter mengubah font-nya untuk memudahkan pengguna melihat akun palsu atau peniru, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (29/1/2023).

[Gambas:Twitter]

Tidak hanya White, netizen yang turut menyadari perubahan ini juga mengutarakan kebingungannya. Beberapa di antaranya senang karena bisa menghindari akun palsu dengan lebih mudah, tapi beberapa jadi kesal karena username-nya jadi terlihat berbeda.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Ini bukan pertama kalinya Twitter mengubah font yang digunakan. Perusahaan milik Elon Musk ini sebelumnya pernah menggunakan font Segoe UI yang kemudian digantikan dengan font Chirp pada tahun 2021.

Saat ini font baru Twitter baru terlihat di web dan mobile. Menurut pantauan detikINET, di aplikasi Twitter untuk iOS dan Android masih menggunakan font yang lama.

back to top